Loading...

Suka Makan Buah? Ketahui Cara Mengonsumsi Buah yang Benar

Pada masyarakat modern saat ini, mengonsumsi buah sepertinya sudah menjadi sebuah gaya hidup. Banyak yang sudah menyadari bahwa buah menyimpan banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cara mengonsumsi buah-buahan cukup mudah. Buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Namun, ada baiknya untuk lebih jeli dalam memilih buah apa saja yang akan dikonsumsi.

Menurut Dr Muhammad Suwardi, penulis buku berjudul ‘Solusi Sehat Islami’ sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, ada cara mengonsumsi buah yang benar. Bila kita ingin mengonsumsinya secara langsung, pilihlah buah yang sudah matang dengan baik. Selain karena mudah dicerna, kadar fruktosa dalam buah juga masih sempurna. Juga dengan buah-buahan yang kulitnya bisa dimakan, dianjurkan untuk tidak dikupas, lalu membuang kulitnya begitu saja. Misalnya saja, buah apel dan anggur.

loading...

Kulit buah apel dan anggur mengandung serat dan vitamin. Selain itu, dengan tidak mengupas kulit buah, isi buah akan terhindar dari proses oksidasi. Kebersihan buah sebelum dimakan juga wajib diperhatikan.

Dr Suwardi pun menjelaskan tentang bagaimana cara menjaga kebersihan buah tanpa menghilangkan enzim yang terkandung di dalamnya. Yang pertama adalah buah dicuci pada air yang mengalir. Setelah itu, dikupas tapi jangan dicuci lagi. Apabila setelah dikupas dicuci lagi, maka enzim-enzim yang terkandung dalam buah bisa luntur. Jadi, sebaiknya buah langsung dipotong dan dikonsumsi.

Saat mengonsumsi buah, hendaknya buah-buahan dikunyah selembut mungkin sebelum menelannya. Demikian juga bila buah dibuat menjadi jus, jangalah langsung ditelan, tapi dikunyah terlebih dahulu. Pada saat memblender buah, tambahkanlah air karena proses blender menimbulkan panas yang dapat mematikan zat gizi dalam buah.

Loading...
Suka Makan Buah? Ketahui Cara Mengonsumsi Buah yang Benar | inicarak | 4.5