Loading...

Sumber Asupan dan Manfaat Kafein untuk Tubuh

Kafein sering dianggap sebagai salah satu penyebab sulit tidur. Ya, beberapa orang mungkin tidak cukup kuat untuk menerima asupan kafein dalam jumlah tertentu. Hal inilah yang pada akhirnya ketika seseorang mengonsumsi kafein di malam hari membuat mata sulit dipejamkan.

Padahal dibalik efek membuat sulit tidur tersebut, konsumsi kafein dalam batas yang cukup dan tidak berlebihan justru bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Apa sajakah itu?

Manfaat Kafein untuk Tubuh

Dikutip dari laman AloDokter, ada sejumlah manfaat yang akan diperoleh bila kita mengonsumsi kafein, tentunya bila dikonsumsi dalam batasan yang sewajarnya dan sesuai aturan.

loading...

1. Menekan risiko sakit jantung dan diabetes
Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat (chlorogenic acid) dalam kafein.

2. Meningkatkan daya Ingat dan kemampuan kognitif
Peneliti menyimpulkan partisipan yang mengonsumsi kafein dari kopi pada pagi hari memiliki nilai yang lebih baik pada tes, dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi. Disebutkan pula kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami yang menurun seiring pertambahan usia.

3. Melindungi dari penyakit Parkinson
Hal ini masih terkait dengan kinerja kafein dengan reseptor adenosin pada otak. Bagian otak yang terkena efek penyakit Parkinson, memiliki banyak reseptor tersebut. Dengan menghambatnya, kafein sepertinya memiliki efek perlindungan.

4. Tinggi kandungan antioksidan
Teh mengandung kafein, sekaligus antioksidan tinggi yang dapat melindungi dari penyakit seperti kanker. Antioksidan yang tinggi dapat mencegah kondisi seperti kanker usus besar dan meningkatkan pembakaran gula dalam tubuh.

Makanan dan Minuman Sumber Asupan Kafein

Selama ini mungkin anda beranggapan bahwa hanya minuman kopi saja yang memiliki kandungan di dalamnya. Padahal kafein ini tidak hanya bisa diperoleh dari konsumsi kopi.

Kafein tidak hanya bisa ditemukan dalam minuman kopi, namun beberapa asupan lainnya seperti minuman teh dan juga cokelat juga banyak mengandung kafein di dalamnya. Bahkan beberapa jenis obat-obatan tertentu juga mengandung kafein di dalamnya.

Berapa Jumlah Kafein yang Bisa Dikonsumsi dalam Sehari?

Biasanya dalam secangkir kopi terkandung 100 mg kafein di dalamnya. Sementara itu mengonsumsi tiga cangkir kopi per hari dengan kandungan kafein sekitar 250 mg dianggap lebih dari cukup. Bahkan untuk wanita hamil dianjurkan untuk minum kopi tidak lebih dari dua cangkir dalam sehari.

Setiap orang memiliki perbedaan reaksi terhadap kafein yang dikonsumsinya. Ada yang meski hanya minum secangkir kopi di malam hari hal itu sudah membuatnya terus terjaga semalaman. Sementara ada yang bahkan minum kopi menjelang pergi ke tempat tidur namun ia tetap bisa dengan mudah memejamkan mata. Karena itu, tubuh anda-lah yang paling tahu berapa maksimal jumlah kafein yang bisa dikonsumsi, yaitu dengan memperhatikan efek pada tubuh setelah mengonsumsi kafein, baik setelah minum kopi atau teh, maupun sumber kafein lainnya.

Loading...
Sumber Asupan dan Manfaat Kafein untuk Tubuh | admin | 4.5