Loading...

Sumber Makanan yang Bisa Bantu Meningkatkan Daya Konsentrasi

Selain karena faktor usia, kemampuan seseorang dalam menjaga konsentrasi dipengaruhi oleh faktor makanan. Pasalnya, beberapa jenis makanan dipercaya mampu membantu seseorang dalam meningkatkan daya konsetrasi.

Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi

Sebagaimana yang dikutip dari laman Healthaim, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Berikut diantaranya:

1. Kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah kecil bisa memberikan kewaspadaan agar kita lebih baik dalam berkonsentrasi. Sumber kafein bisa diperoleh misalnya dari kopi, cokelat, dan lain-lainnya. Tapi ingat, hati-hati jangan berlebihan agar tidak memberikan efek kecanduan dan dampak buruk lainnya.

loading...

2. Sarapan

Melewatkan sarapan bisa merusak memori dan kesehatan secara keseluruhan. Karena itu sebelum melakukan rutinitas di pagi hari, pastikan untuk makan semangkuk sereal, susu, dan buah-buahan.

3. Gula

Gula yang dimaksud disini adalah glukosa yang berasal dari makanan yang biasa dimakan. Glukosa penting untuk membuat anda waspada.

Namun perlu diwaspadai terhadap makanan yang terlalu manis, terutama yang berasal dari makanan olahan karena lebih berbahaya untuk tubuh.

4. Makan Ikan

Ikan banyak mengandung asam lemak Omega-3 yang berfungsi sebagai booster memori dan juga baik untuk jantung. Diet kaya asam lemak Omega-3 terbukti melawan stroke dan demensia.

5. Biji-bijian dan avokad

Makanan ini menambah cadangan kolesterol baik. Mereka mengandung serat makanan yang memungkinkan arteri untuk rileks dan tidak membangun plak sehingga aliran darah lancar ke seluruh organ, termasuk otak dan jantung. Ketika otak anda mendapat cukup oksigen dan kebutuhan lainnya, maka akan berfungsi secara optimal.

6. Kacang-kacangan dan Dark chocolate

Kacang-kacangan memiliki kandungan Vitamin E dan nutrisi yang meningkatkan memori. Cokelat hitam juga mengandung bahan-bahan yang bisa membantu anda tetap fokus. Tapi, sekali lagi jangan makan berlebihan.

7. Diet yang seimbang

Cobalah untuk menambahkan berbagai makanan sehat dalam menu anda setiap hari dan melihat dampaknya pada otak dan kesehatan secara keseluruhan.

8. Blueberry

Buah bluberry bisa melindungi otak anda dari radikal bebas serta menyelamatkannya dari kerusakan. Mengonsumsi blueberry bisa melindungi otak anda dari masalah yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

9. Suplemen

Suplemen berguna bagi mereka yang kekurangan dalam diet mereka. Idealnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan konsentrasi Anda atau untuk setiap masalah lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang layak dikonsumsi karena dapat membantu otak untuk terus fokus dan berkonsentrasi. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Sumber Makanan yang Bisa Bantu Meningkatkan Daya Konsentrasi | inicarak | 4.5