Loading...

Sumber Vitamin D Selain Sinar Matahari Pagi

Jika ditanya mengenai apa sumber vitamin D, maka kebanyakan akan menjawab sinar mentari pagi. Ya, sinar matahari pagi memang bisa menjadi sumber vitamin D.

Menurut Wikipedia, saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol. Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB). Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Fungsi atau manfaat vitamin D adalah untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung, kanker payudara, dan kanker endometrium.

loading...

Seperti yang dikutip dari Naturalnews, ternyata masih ada sumber vitamin D selain dari sinar matahari.

1. Telur
Kuning telur adalah bagian yang mengandung paling vitamin D. Jadi, jangan menyisakan kuning telur dalam piring makanan harian Anda bila ingin mendapatkan tambahan vitamin D.

2. Lemak ikan
Salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling populer dikonsumsi orang. Banyak orang mengonsumsi ikan salmon lantaran rasanya yang enak, tapi tahukah Anda bahwa salmon juga kaya akan sumber vitamin D. Jenis ikan lain yang bisa menambahkan asupan vitamin D, antara lain ikan tuna, ikan cod, dan halibut. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk setiap orang mendapatkan sekira 600 IU vitamin D setiap hari, dan porsi tiga ons lemak ikan sudah memberikan 450 IU dari kebutuhan harian.

3. Sereal yang kaya vitamin D
Banyak jenis sereal dingin dan panas yang diperkaya dengan vitamin D. Dengan selektif memilih sereal, Anda mungkin bisa menemukan sereal yang memberikan 300 IU perporsi. Dan jumlah itu adalah setengah dari besaran harian vitamin D yang disarankan. Ketika sereal dibuat dengan susu yang kaya vitamin D, sangat mungkin Anda mencukupi kebutuhan harian vitamin D.

4. Jus jeruk
Banyak produsen jus jeruk saat ini menjaga kandungan vitamin D dengan berbagai cara. Beberapa merek bisa memberikan sebanyak 100 IU untuk setiap delapan ons. Selain itu, banyak merek jus jeruk juga menambahkan kalsium. Kombinasi ini sangat baik untuk dikonsumsi, karena vitamin D membantu penyerapan kalsium.

5. Susu yang kaya vitamin D
Hampir semua susu sapi diperkaya dengan vitamin D. Delapan ons susu sapi setara 110 IU vitamin D, meskipun setiap merek memiliki kandungan vitamin D yang berbeda-beda.

Loading...
Sumber Vitamin D Selain Sinar Matahari Pagi | inicarak | 4.5