Loading...

Tanda-tanda dan Gejala Awal Terkena Kanker Paru-paru

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok, baik itu perokok aktif ataupun perokok pasif. Pertumbuhannya memang lambat, tetapi kanker paru menyerang tidak peduli apakah Anda lelaki atau perempuan, pejabat atau rakyat kecil. Kalau tidak berhenti merokok, Anda bakal menderita karenanya.

Pada sampai dengan 25% dari orang-orang yang mendapat kanker paru, kanker pertama kali ditemukan pada suatu x-ray dada dan CT scan secara rutin sebagai suatu massa kecil yang terpencil kadangkala disebut suatu luka coin (coin lesion). Pasien-pasien ini dengan massa-massa tunggal yang kecil seringkali melaporkan tidak ada gejala-gejala kanker paru pada saat itu ditemukan.

Selain itu, ada beberapa gejala awal yang patut diwaspadai sebagai awal mula kanker paru-paru. Berikut ini tanda-tandanya:

loading...

1. Batuk tidak sembuh berminggu-minggu
Batuk hingga berminggu-minggu, itu patut curiga. Tiga minggu tak sembuh, segera periksa ke dokter. Tapi bukan lantas itu kanker paru, bisa jadi infeksi dan alergi. Karenanya, harus segera diperiksa agar segera ditangani.

2. Batuk darah
Prinsipnya, batuk dalam jangka waktu cukup lama, apalagi disertai darah, harus segera periksa lengkap. Batuk darah, walaupun darahnya sedikit, itu pertanda serius.

3. Sakit nafas
Ketika nafas sakit, begitu sulit, istilahnya bengek seperti orang asma, itu juga salah satu pertanda.

4. Sakit dada
Jika dada terasa sakit tanpa penyebab yang jelas, itu juga bisa menjadi gejala.

5. Nyeri pada tulang
Gejala lain juga jika terasa nyeri pada tulang. Kanker paru menekan saraf sehingga terasa nyeri tanpa sebab yang jelas, itu juga di waspadai.

6. Turun berat badan tanpa sebab
Begitupun jika Anda merasa berat badan turun, padahal sedang tidak diet, tidak melakukan usaha-usaha menurunkan berat badan.

Semoga informasi tentang tanda-tanda dan gejala awal terkena kanker paru-paru diatas dapat bermanfaat.

Loading...

Hasil pencarian:

bagaimana gejala awal mulanya kanker paru-paru?
Tanda-tanda dan Gejala Awal Terkena Kanker Paru-paru | admin | 4.5