Loading...

Tanda-tanda Orang Mengalami Gangguan Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi yang umumnya terjadi bagi seseorang menjalani kebiasaan pola makan buruk atau di antara seseorang yang kekurangan gizi. Tak sebatas itu, kehilangan darah dari tubuh atau stres akut juga bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Meski tak berbahaya seperti pada tekanan darah tinggi, namun tekanan darah rendah tetap membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin. Berikut gejala umum seseorang mengalami tekanan darah rendah yang harus bijak disikapi.

1. Pusing
Salah satu gejala yang sering terjadi ketika tekanan darah dalam tubuh seseorang sedang rendah adalah merasa pusing atau sakit kepala ringan. Hal ini bisa terjadi karena pasokan darah yang kaya oksigen tak memadai ke daerah otak. Bahkan, kadang-kadang orang yang memiliki tekanan darah rendah mungkin bisa jatuh pingsan.

loading...

2. Sesak napas
Gejala umum lain dari hipotensi adalah mengalami sesak napas. Ketika tekanan darah rendah, aliran darah ke otot jantung akan terganggu. Hal ini bisa menyebabkan sesak napas atau nyeri dada.

3. Sakit kepala
Setiap kali ada penurunan tekanan darah, hal itu bisa memunculkan sakit kepala. Di mana sakit kepala yang disebabkan oleh variasi tekanan darah disebut ortostatik dan umumnya terjadi saat ada perubahan mendadak tekanan darah dalam kepala Anda. Kadang-kadang kondisi ini bahkan bisa menyebabkan mual.

4. Kulit pucat
Karena aliran darah ke berbagai organ vital terganggu, kondisi itu akan memengaruhi tubuh dan kulit akan tampak pucat. Kemudian, muncul rasa dingin di tangan dan kaki, serta denyut nadi melemah terkait tekanan darah rendah.

5. Denyut jantung tak teratur
Ketika jantung tak bisa memompa darah dengan baik, kondisi tersebut akan menyebabkan detak jantung teratur. Kondisi ini juga disebut sebagai aritmia, dimana kadang-kadang kondisi itu tidak memungkinkan bagi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Alhasil, sulit untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Loading...
Tanda-tanda Orang Mengalami Gangguan Tekanan Darah Rendah | inicarak | 4.5