Loading...

Ternyata Stres yang Jadi Penyebab Rambut Beruban

Rambut beruban atau ubanan masih menjadi momok yang mengkhawatirkan banyak orang hingga saat ini. Pasalnya, munculnya rambut putih yang hanya sebagian ini membuat rasa percaya diri seseorang jadi berkurang.

Banyak orang yang beranggapa kalau tumbuhnya uban atau rambut putih ini karena banyak pikiran. Dan ini memang tidak salah. Pasalnya, para ilmuwan telah membuktikan apa yang selama ini diduga. Streslah yang membuat rambut berubah menjadi warna abu-abu kemudian putih.

Dalam penelitian terhadap tikus ditemukan, uban bisa terjadi dari penurunan sel batang.

loading...

Rambut dan warna kulit dikendalikan sel induk melanosit yang ditemukan di dasar folikel rambut, sebuah daerah yang dikenal dengan tonjolan. Dr Mayumi Ito dan rekan-rekannya di New York University, Amerika Serikat menemukan, stres tak hanya menyebabkan sel induk menghilang, tapi ketika terjadi maka tak akan diganti.

Sedangkan, Profesor Rick Sturm dari University of Queensland, Australia, menjelaskan, kehilangan sel induk di daerah tonjolan, membuat folikel rambut di daerah itu menjadi putih. Rambut abu-abu yang disebabkan penuaan merupakan hasil dari kelelahan dan hilangnya sel induk melanosit dan stres bisa menyebabkan hasil yang sama.

Hormon stres dikenal bisa memengaruhi warna kulit dan tampaknya proses itu juga terjadi pada warna rambut. Ketika kerusakan terjadi, sel induk yang bertanggung jawab memproduksi melanin, pigmen gelap yang melindungi tubuh dari sinar matahari, pindah dari pangkal rambut ke kulit, untuk membantu membatasi kerusakan.

Loading...
Ternyata Stres yang Jadi Penyebab Rambut Beruban | inicarak | 4.5