Loading...

Tidak Hanya Makanan, Ini Penyebab Lain Anda Sering Kentut

Kentut sering dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, kentut merupakan hal yang normal dan wajar terjadi pada setiap tubuh manusia.

Kentut atau yang dikenal juga dengan buang angin adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut.

Gas yang ada dalam perut umumnya disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah udara yang ikut masuk saat kita makan dan menelan makanan. Yang kedua, adalah akibat dari proses pencernaan makanan, hal ini biasanya berkaitan dengan jenis makanan serta kondisi (penyakit) pada saluran cerna.

loading...

Penyebab Sering Kentut

Kentut adalah udara yang keluar dari anus akibat dari adanya akumulasi gas dalam perut. Ada beberapa faktor pemicu gas dalam perut. Beberapa diantaranya adalah:

1. Minuman bersoda
Minuman bersoda memiliki efek membuat perut kembung. Minuman berkarbonasi bisa membuat perangkap udara di dalam dan angin akan keluar dalam bentuk kentut atau sendawa.

2. Lobak
Lobak juga bisa membuat perut kembung. Ini adalah salah satu sayuran teratas penyebab perut kembung.

3. Salad
Salad dikenal sebagai makanan yang menyehatkan karena terdiri dari sayuran mentah yang kaya serat. Namun adanya kubis atau brokoli yang ada pada salad bisa memicu gas dalam perut yang membuat sering kentut. Jenis sayuran berkabohidrat tersebut sulit untuk dicerna dan hal inilah yang dapat menghasilkan gas kentut.

4. Banyak makan manis
Makanan yang manis mengandung gula faux ataupun gula alami. Gula faux tidak bisa dicerna oleh tubuh kita. Mereka akan tetap dalam usus dan melakukan fermentasi. Ini bisa membuat kita menjadi lebih sering kentut. Bahkan gula alami bisa menginduksi kentut.

5. Menghirup banyak udara
Tanpa kita sadari, menghirup udara bisa masuk hingga ke saluran pencernaan. Ini terjadi saat kita berbicara, makan dan minum. Ketika jumlah udara yang terperangkap di dalam tubuh terlalu besar, ini akan dikeluarkan dalam bentuk kentut.

6. Stres
Stres selalu membawa hal dampak buruk bagi kesehatan. Termasuk juga adalah membuat kita menjadi sering kentut. Karena stres ternyata juga bisa menginduksi kentut karena usus terhubung ke jaringan saraf. Pikiran yang terganggu bisa menjadi salah satu alasan di balik perut kembung.

7. Sembelit
Ketika kotoran tersumbat di usus dan menyebabkan sembelit, itu memungkinkan gas keluar dalam bentuk kentut. Karenanya, perbanyak asupan serat dan air putih untuk mengatasi sembelit.

Itulah penyebab kita sering kentut sebagaimana yang dikutip dari laman Times of India. Semoga berguna.

Loading...

Hasil pencarian:

perut kembung kentut terus tanda hamil, doa ketika kentut
Tidak Hanya Makanan, Ini Penyebab Lain Anda Sering Kentut | admin | 4.5