Loading...

Tips Agar Bayi Lahir Tidak Terkena Diabetes

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari rajin melakukan olahraga, termasuk juga bagi ibu yang sedang hamil. Salah satu manfaat olahraga bagi ibu hamil adalah dapat menghindarkan bayi yang dikandung dari terkena diabetes di kemudian hari.

Penelitian baru dari University of Virginia School of Medicine menyarankan kepada wanita hamil untuk berolahraga. Menurut para peneliti, melakukan olahraga selama masa kehamilan bisa membantu melindungi anak yang belum lahir dari diabetes, termasuk juga masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.

Hasil dari penelitian menemukan bahwa melakukan olahraga selama kehamilan bisa mencegah efek epigenetik pada wanita hamil. Efek ini diyakini menimbulkan tanda kimia pada gen dan menyebabkan diabetes pada keturunannya.

loading...

Lebih lanjut, para peneliti mengidentifikasi gen tertentu yang terlibat, tujuannya adalah mengembangkan obat yang akan mencegah efek yang tidak diinginkan. Sementara, para peneliti yang fokus pada diabetes mengatakan bahwa temuan ini dapat memiliki implikasi penting bagi banyak kondisi lain.

“Penularan penyakit dari orangtua kepada keturunannya tidak terbatas pada diabetes, tetapi tampaknya juga banyak kasus penyakit. Ada banyak bukti yang menunjukkan penyakit atherosclerosis, diabetes, hingga skizofrenia dipengaruhi oleh kondisi ibu ketika hamil,” ujar Zhen Yan dari U.Va Robert M. Berne Cardiovascular Research Center, seperti yang dikutip Medicalexpress.

Selanjutnya, peneliti dari Berne Center, Jessica Connelly melihat lebih dekat pada temuan tersebut untuk memahami efek dari ibu hamil yang mengalami obesitas dan olahraga terhadap gen keturunan. Kemudian, ia mengatakan bahwa hasilnya sangat penting untuk disampaikan kepada wanita hamil.

“Bagi saya, penemuan yang paling penting dari penelitian ini adalah bahwa Anda dapat memodifikasi jumlah olahraga selama kehamilan, sehingga anak memiliki molekul yang berbeda. Kondisi ini memungkinkan anak pada dasarnya menjadi lebih bugar,” tutur Jessica Connelly.

Loading...
Tips Agar Bayi Lahir Tidak Terkena Diabetes | inicarak | 4.5