Loading...

Tips Agar Haid Lancar dan Tidak Terasa Sakit

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga, misalnya saja bisa membantu mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga kondisi otot dan fleksibilitas sendi. Tidak hanya itu saja, melakukan olahraga saat menstruasi juga bisa membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi sakit kepala dan nyeri lainnya.

Menurut Konsultan Obgyn and Fertility di Nurture, New Delhi, dr. Archana Dhawan Bajaj, seperti yang dikutip dari Healthmeup, selain disarankan untuk melakukan olahraga, saat menstruasi para wanita juga sebaiknya menghindari makanan cepat saji.

Adapun latihan yang bisa dipilih yaitu kardio, latihan daya tahan, pilates, menari dan yoga selama 45 menit sampai satu jam. Olahraga ini dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

loading...

Dr. Archana juga mengatakan bahwa wanita yang menginginkan siklus haidnya teratur sebaiknya memerhatikan asupan kalori dan menjaga lemak dalam tubuh. Kadar lemak perlu dijaga, para wanita saat menstruasi membutuhkan asupan kalori sebesar 20-25 persen.

Saat menstruasi kondisi psikologis wanita cenderung terganggu sehingga mereka mudah gelisah, lelah, berjerawat dan rentan depresi.

Dr. Archana menjelaskan, saat menstruasi ada yang terjadi di dinding rahim dan ovarium. Dan itu menjadi faktor yang membuat wanita psikologisnya agak terganggu mudah lelah, gelisah, jerawat, dan lebih rentan depresi. Hal ini disebabkan metabolisme mereka menurun.

Loading...
Tips Agar Haid Lancar dan Tidak Terasa Sakit | inicarak | 4.5