Loading...

Tips Agar Miss V Sehat dan Bau Wangi

Setiap wanita harusnya tidak boleh mengabaikan kesehatan organ intimnya. Walaupun lokasinya tersembunyi, namun vagina (Miss V) juga harus dirawat untuk mencegah gangguan kesehatan. Tapi hati-hati dalam melakukan perawatan organ intim, jangan hanya mengikuti tren saja, karena tren tersebut lebih banyak bahayanya.

Bagaimana cara melakukan perawatan organ intim yang benar? Mark Curry, pendiri Perawatan organ Intim SASS, memberikan saran agar untuk anda agar bisa melakukan perawatan Miss V dengan baik sebagaimana yang dilansir laman XPose:

1. Pilih pakaian yang tepat

Keringat di bagian organ intim bisa menyebabkan bau dan keputihan. Meski ini normal, namun tentu anda tidak merasa nyaman. Untuk mencegah agar vagina tidak bau, maka keringat pada area tersebut harus diminimalisir. Pilihlah pakaian katun, kain yang breathable yang menyerap kelembaban. Jika anda menggunakan deodoran khusus, berhati-hatilah. Jangan menggunakan deodoran standar di vagina anda dan selalu periksa produk yang Anda gunakan pH-nya seimbang.

2. Makan dengan benar

Vagina rentan terhadap infeksi seperti sariawan dan bisa disebabkan diet gula, antibiotik, atau menstruasi.

Vagina mengandung banyak bakteri baik (lactobacilli) yang membantu menjaga keseimbangan pH vagina pada tingkat yang sehat. Akibat dari tidak sembangnya bakteri tidak bagus, maka bisa mengakibatkan infeksi dan tidak nyaman, menimbulkan gejala termasuk gatal, iritasi dan keluar cairan yang abnormal.

Penggunaan kondom saat berhubungan seksual, diet makanan yang tepat, dan membersihkan organ intim sebelum dan setelah berhubungan seks bisa membantunya. Pastikan bahwa anda cukup makan buah-buahan, sayuran, dan yogurt probiotik, yang mengandung bakteri yang baik untuk kebutuhan vagina.

3. Jangan percaya tren

Steam vagina atau dikenal juga dengan istilah SPA vagina adalah tren baru di kalangan selebriti baru-baru ini. Meski ini mungkin terdengar eksotis, namun bisa jauh lebih berbahaya. Karena uap yang tidak membedakan antara bakteri baik dan buruk hadir di dalam dan sekitar vagina.

Bakteri baik membantu untuk menjaga tingkat keseimbangan pH di vagina, dan menghasilkan bakteriosin (antibiotik alami) untuk mengurangi atau membunuh bakteri berbahaya yang memasuki vagina. Tanpa kecukupan bakteri baik, infeksi kelamin dan rasa tidak nyaman seperti Bacterial Vaginosis (BV) atau sariawan bisa terjadi.

Selain tren untuk perawatan vagina, tren fesyen juga bisa menjadi masalah. Skinny jeans, celana ketat, dan legging menyebabkan kain menempel. Gunakanlah kain yang bernapas dan longgar sesering mungkin.

4. Pilih Sabun

Meski sabun berparfum akan membuat anda merasa lebih segar, memakaikannya di dekat kelamin bisa berakibat menyebabkan iritasi.

Sabun bisa menyebabkan iritasi untuk kulit sensitif di sekitar vaginamu dan menyebabkan segala macam masalah sehingga tetaplah menggunakan pembersih yang lembut dengan pH seimbang.

Itulah beberapa tips cara perawatan agar vagina sehat dan bau wangi sebagaimana yang dikutip dari laman Liputan6. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Agar Miss V Sehat dan Bau Wangi | inicarak | 4.5