Loading...

Tips agar Terhindar dari Penipuan Kupon Berhadiah

Mendapatkan hadiah hingga ratusan juta rupiah tentulah sangat membahagiakan. Namun bagaimana jika ternyata itu hanya penipuan, dan anda adalah termasuk dari salah satu orang yang tertipu tersebut? Padahal anda sudah memberikan uang muka untuk mengambil hadiah.

Penipuan berkedok kupon berhadiah kini semakin sering terjadi, apalagi seperti saat ini ketika musim mudik dan semua orang membutuhkan banyak uang untuk berbagai keperluan. Masyarakat menjadi mudah tergiur dan kurang mawas diri atas kemungkinan-kemungkinan terjadinya penipuan.

Untuk mencegah agar anda tidak menjadi korban tindak penipuan kupon berhadiah tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut ini diantaranya:

loading...
  1. Waspada terhadap bentuk penipuan berkedok undian berhadiah, berupa pos, kupon palsu dalam produk, SMS, telepon, dan kurir.
  2. Jangan mudah tergiur dengan ajakan menebus hadiah dengan segala cara yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang.
  3. Apabila Anda diminta untuk mentransfer uang ke rekening atas nama pribadi, abaikan! Jangan mentransfer uang, karena ini sudah pasti penipuan.
  4. Periksalah keaslian kupon/surat/pemberitahuan dengan menghubungi telepon resmi (biasanya tercantum dalam kemasan produk). Atau hubungi 108 untuk mengetahui nomor telepon resmi produsen.
  5. Ketahui bahwa hadiah yang dalam enam bulan tidak diambil oleh pemenang, akan diserahkan ke Kementerian Sosial, jadi tidak ada hadiah yang dilelang.
  6. Apabila Anda diminta untuk menghubungi nomor telepon, dan nomor tersebut adalah nomor HP, abaikan. Itu sudah pasti penipuan.
  7. Pengumuman pemenang undian berhadiah tidak pernah melalui SMS.
  8. Tanyakan dan laporkan ke kantor Kepolisian setempat apabila anda menemukan atau mendapatkan kupon berhadiah palsu tersebut.

Semoga informasi tentang cara menghindari dari penipuan kupon berhadiah tersebut di atas dapat bermanfaat.

Loading...
Tips agar Terhindar dari Penipuan Kupon Berhadiah | inicarak | 4.5