Loading...

Tips Aman Cara Buka Puasa untuk Penderita Sakit Diabetes

Menjaga pola makan sangat penting dilakukan oleh penderita diabetes agar penyakitnya tidak kambuh, terutama adalah mereka yang menjalankan ibadah puasa. Asupan makanan untuk buka puasa menjadi penting untuk diperhatikan oleh kaum diabetesi agar gula darah tidak melonjak setelah berbuka puasa.

Penyebab naiknya gula darah setelah buka puasa dikarenakan mereka tidak tepat dalam memilih makanan untuk berbuka puasa. Untuk itu, sangat penting untuk mencermati dalam memilih menu berbuka puasa untuk mengontrol kadar gula darah.

Tips Aman Cara Buka Puasa untuk Penderita Sakit Diabetes

Berikut ini adalah tips buka puasa yang aman untuk penderita diabetes sebagaimana yang dikutip dari laman Thehealthsite. Diantaranya:

1. Pilih makanan sehat

Memilih makanan yang tepat dan sehat sangat penting. Karena memilih makanan yang salah dan tidak sehat dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah.

2. Hindari makanan digoreng dan terlalu manis

Jangan memilih makanan yang digoreng atau sarat dengan banyak gula. Namun pilihlah makanan kecil, sehat dan bergizi setelah berbuka puasa.

3. Tentukan porsinya

Bijaksana dalam menentukan jumlah porsi. Jangan makan secara berlebihan, karena hal itu bisa menyebabkan keasaman, kembung dan ketidaknyamanan, serta mempengaruhi kadar gula darah.

4. Minum air putih

Setelah berbuka puasa, minumlah cairan yang sehat. Air putih adalah cairan terbaik yang bisa Anda minum. Pilihan lain adalah minuman tanpa pemanis, termasuk susu. Hindari minuman kemasan, minuman manis dan jus buah.

5. Hindari kafein

Hindari minuman berkafein saat berbuka puasa, seperti kopi dan soda. Karena, minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Itulah beberapa tips cara buka puasa yang sehat untuk penderita diabetesi. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads
Loading...
Tips Aman Cara Buka Puasa untuk Penderita Sakit Diabetes | inicarak | 4.5