Loading...

Tips Aman Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji atau Junk Food

Junk food atau yang kita kenal dengan makanan cepat saji banyak dianggap sebagai salah satu penyebab naiknya berat badan dengan cepat. Makanan ini juga dianggap tidak sehat karena tinggi akan kandungan lemak.

Namun demikian, mengkonsumsi makanan cepat saji alias junk food dinilai aman jika dikonsumsi seimbang dengan makanan berserat, seperti sayur dan buah.

“Junk food yang dikonsumsi dengan menu yang tidak seimbang itu bahaya karena tinggi lemak. Kalau seseorang makan ayam dari restoran cepat saji, kemudian makan sayur, ya, itu tidak salah,” kata Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi (Gemazi), dr Tirta Purwita Sari, seperti yang dikutip dari laman republika.

loading...

Agar tidak berbahaya, anak-anak yang punyai hobi makan junk food, perlu diedukasi untuk menyeimbangkan makanan cepat saji tersebut dengan sayur atau buah.

Untuk menyeimbangkan makanan bisa dilakukan dari segi jumlah dan jenis. Misalnya setelah makan junk food dalam jumlah banyak, maka sayuran yang dikonsumsi juga harus dalam jumlah yang sama banyak.

“Intinya adalah sadar diri, bagaimana berada pada keseimbangan dalam mengonsumsi makanan tersebut,” kata dr Tirta.

Menurut dr Tirta, tidak ada satu makanan yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia jika dikonsumsi dengan menjaga keseimbangan gizi dengan makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah. Lebih lanjut menurut dr Tirta, jangan mempersulit hidup dengan sama sekali tidak mencicipi satu makanan yang dianggap bahaya. Hal tersebut dapat diatasi dengan sadar diri dalam menyeimbangkan gizi.

Loading...

Hasil pencarian:

tips setelah makan junk food
Tips Aman Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji atau Junk Food | inicarak | 4.5