Loading...

Tips Aman Saat Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang selalu dinanti oleh banyak orang. Mudik merupakan kegiatan pulang kampung setelah sekian lama berada di rantau, baik untuk bekerja atau menuntut ilmu.

Banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan atau angkutan umum seperti bis, kereta api, kapal laut maupun pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Alasannya selain menghemat biaya, kita cukup duduk santai mengikuti jalur kendaraan.

Namun demikian ada juga yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, salah satu alasannya mungkin adalah dengan kendaraan pribadai berarti nanti saat di kampung tidak perlu repot mencari atau meminjam kendaraan untuk jalan-jalan atau keperluan lain di kampung.

loading...

Untuk anda yang mudiknya menggunakan kendaraan pribadi, berikut ini adalah tips agar aman saat pulang mudik lebaran seperti yang dikutip dari vivanews:

1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik
2. Periksa kelayakan kendaraan
3. Jangan lebihi muatan. Bawalah barang seperlunya dan sesuai dengan kapasitas kendaraan.
4. Saat mudik, untuk menghindari kelelahan, beristirahatlah selama 4 jam sekali.
5. Jangan memaksakan diri bila lelah atau mengantuk
6. Disiplin dalam mengemudi dan patuhilah rambu-rambu lalu lintas
7. Hindari obat-obatan atau minuman keras
8. Manfaatkan posko kesehatan yang tersedia. Baca juga tips mencegah mabuk kendaraan
9. Jika perjalanan anda cukup jauh, apalagi anda belu tahu medan yang akan dilewati, maka peta jalur mudik wajib anda miliki.

Pada musim mudik lebaran, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis. Karena sekarang ini sudah ada beberapa pihak seperti dishub, jasa raharja, yamaha dan alfamart yang menyediakan tiket mudik gratis 2017. Namun tentu saja untuk mendapatkannya anda harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan tiket tersebut.

Biasanya tiket mudik gratis ini bisa diperoleh jauh hari atau beberapa bulan sebelum jadwal keberangkatan. Karena itu beberapa bulan sebelum puasa sebaiknya anda cari-cari info mudik gratis baik melalui media cetak, online atau instansi-instansi terkait yang memang biasa menyediakan layanan ini.

Bagi anda yang tidak ingin mudik, karena terpaksa harus ditinggal pembantu pulang kampung, maka ada baiknya untuk membaca tips mencari pembantu infal.

Semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan.

Loading...
Tips Aman Saat Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi | inicarak | 4.5