Loading...

Tips Bagaimana Cara Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah

Sebagai salah satu jenis hewan pengerat, keberadaan tidur tidak hanya mengganggu para petani saja. Namun bahkan di dalam rumah pun tidak dirasakan cukup mengganggu.

Selain bisa merusak properti ataupun pakaian yang disimpan dalam lemari, tikus juga hewan pembawa penyakit. Beberapa jenis yang disebarkan oleh tikus misalnya Leptospirosis, Pes, Salmonella Enterica Sarovar Typhimurium, Hantavirus Pulmonary Syndrome. Dan bahkan gigitan tikus juga bisa menyebabkan demam Rat Bite Fever (RBF). Karena itu, sangat penting untuk membebaskan rumah dari keberadaan tikus.

Saat tikus sudah mulai berkeliaran di rumah, maka resiko terpapar penyakit akibat tikus sangat mungkin terjadi. Keberadaan tikus di rumah juga harus diwaspadai, karena hewan pengerat ini juga bisa saja menggigiti kabel-kabel instalasi listrik di dalam rumah dan tentu saja kondisi di rumah jadi sangat berbahaya karena rawan terjadi korsleting listrik yang mungkin saja bisa memicu kebakaran.

loading...

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah

Untuk cara mencegah tikus masuk ke dalam rumah agar bisa terhindar dari bahaya akibat tikus yang banyak berkeliaran di rumah, maka ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus masuk rumah. Berikut diantaranya:

  1. Tutup semua celah antara daun pintu dan lantai serta perbaiki penutup jendela yang rusak.
  2. Beri penutup kasa pada lubang ventilasi.
  3. Tutup retakan-retakan yang mungkin ada atau bagian berlubang di bagian luar rumah, termasuk juga adalah area yang terdapat sambungan pipa maupun alat lainnya.
  4. Simpan makanan di tempat makan berpenutup rapat dan buang sampah secara rutin. Jangan biasanya banyak sampah menumpuk di rumah.
  5. Tikus menyukai tempat yang lembab. Karena itu jaga agar loteng atau ruang bawah rumah memiliki ventilasi yang baik dan tidak lembap.
  6. Perbaiki semua sudut yang lembap, termasuk pipa yang bocor serta saluran yang mampat yang mungkin bisa menjadi sarang untuk berkembang biak tikus.
  7. Periksa benda-benda seperti boks, kantong belanja, dan paket lainnya yang ada di dalam rumah. Barangkali bena-benda tersebut menjadi tempat persembunyian tikus.

Jika anda mencugai ada tikus di dalam rumah, maka segeralah untuk melakukan pembersihan di dalam rumah anda. Baik dari sampah ataupun benda-benda bekas yang menumpuk agar tidak digunakan sebagai tempat persembunyian tikus.

Cara Membasmi Tikus di Rumah yang Ampuh

Ketika tikus sudah berhasil berkembang biak, maka masalah serius bisa terjadi di dalam rumah anda.

Anda juga bisa menggunakan obat pembasmi tikus, seperti misalnya adalah dengan menggunakan rodentisida petrokum 0,005 bb. Rodentisida petrokum ini adalah racun untuk membasmi tikus yang sangat ampuh.

Salah satu kelebihan dari rodentisida ini adalah ketika tikus memakan racun ini maka ia akan mati akibat dehidrasi sehingga tubuhnya mengering dan tidak meninggalkan bau karena proses pembusukan. Ini karena biasanya tubuh tikus akan kering setelah 2-3 hari memakan racun ini.

Loading...

Hasil pencarian:

arti lintah masuk rumah, cara membasmi lintah, lintah masuk rumah, bahaya curut, manfaat ular kawat, makna lintah masuk rumah, arti lintah masuk ke dalam rumah, primbon lintah masuk rumah, pertanda cacing masuk rumah, apa tanda lipan masuk rumah, celurut takut sama, kenapa linta, bahaya mana tikus sama curut, bahaya mana tikus sama cecurut, mencegah lintah masuk rumah
Tips Bagaimana Cara Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah | admin | 4.5