Loading...

Tips Bagaimana Cara Mengajak Anak Pergi ke Dokter Gigi

Orang tua dianjurkan untuk mulai mengajak anaknya saat giginya mulai tumbuh. Tujuannya adalah agar anak bisa lebih familiar dengan dokter gigi sejak kecil, sehingga saat sudah besar dia tidak akan canggung dan takut ke dokter gigi.
Namun bila dari tidak sejak masih kecil anak akan cenderung takut ke dokter gigi. Seperti yang dikutip dari kompas, untuk anak takut pergi ke dokter gigi, anda bisa coba 5 tips bagaimana mengajak anak ke dokter gigi tanpa rasa takut.

1. Berikan penjelasan sederhana tentang apa yang akan dilakukan dokter. Misalnya dengan berkata bahwa dokter gigi akan “menghitung” dan “mengambil foto” gigi mereka. Begitu juga ketika Anda dan anak sudah ada di ruang dokter gigi. Mintalah dokter untuk menjelaskan apa yang akan dilakukan terhadap gigi anak, sehingga mereka tidak ketakutan.

2. Jangan ceritakan pengalaman buruk anda dengan dokter gigi kepada anak. Hindari menggunakan kata-kata seperti “suntik” atau “bor”, karena itu akan membuat anak jadi takut ke dokter. Hindari juga berbohong bahwa prosedur yang terjadi itu tidak akan menyakitkan sama sekali. Orangtua perlu memberikan contoh yang baik. Rasa takut terhadap dokter gigi pada anak lebih banyak dikarenakan dia melihat Anda juga takut pada dokter gigi.

loading...

3. Hindari kebiasaan mengancam anak untuk membawanya ke dokter gigi jika dia bersikap nakal di kesehariannya. Banyak orangtua juga sering berkata akan membawa anak ke dokter gigi untuk disuntik apabila dia malas menggosok gigi. Ini tidak benar, karena hanya akan membuat citra dokter gigi semakin buruk di mata anak.

4. Carilah buku-buku yang menceritakan pengalaman anak ketika berkunjung ke dokter gigi. Tentu saja, buku tersebut bersifat edukasi dan memberi pengaruh positif bagi anak, bukan sebaliknya.

5. Tidak semua anak harus ditunggui orangtuanya saat diperiksa oleh dokter gigi. Ada beberapa anak yang justru bisa merespons lebih baik terhadap dokter giginya saat sedang sendirian ketimbang ditemani oleh orangtuanya. Tidak ada salahnya bila Anda tinggal di luar, daripada masuk ke dalam dan membuat proses pemeriksaan jadi terhambat. Katakan pada anak bahwa Anda ada di luar bila dia membutuhkan, lalu silakan menunggu di luar.(KMPS)

Loading...
Tips Bagaimana Cara Mengajak Anak Pergi ke Dokter Gigi | inicarak | 4.5