Tips Berpuasa untuk Penderita Sakit Maag dan Asam Lambung | IniCaraku.com

Tips Berpuasa untuk Penderita Sakit Maag dan Asam Lambung

Banyak dari penderita maag ataupun asam lambung yang merasa khawatir dan takut untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Alasan tentu adalah karena takut kalau maag atau asam lambung yang dideritanya kambuh jika berpuasa.

Padahal menurut Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP dari RSCM-Universitas Indonesia, puasa bagi penderita mag dan asam lambung bukanlah halangan. Ada strategi yang bisa dilakukan agar penderita sakit maag dan asam lambung bisa puasa dengan aman dan nyaman:

1. Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, di antaranya kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.

2. Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung di antaranya mengandung cuka, pedas, merica, dan bumbu yang merangsang lainnya.

3. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju.

4. Hindari sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.

5. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

6. Hindari makanan yang mengandung gas, merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan berlemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman yang mengandung soda.

Dengan mengikuti anjuran untuk menghindari makanan-makanan tersebut di atas, maka Anda, penderita maag atau asam lambung, bisa berpuasa penus selama bulan Ramadhan dengan aman dan nyaman.


IniCaraku.com Search form