Tips Cara Agar Bayi Tidak Digigit Nyamuk | IniCaraku.com

Tips Cara Agar Bayi Tidak Digigit Nyamuk

Bayi yang digigit nyamuk biasanya akan menjadi rewel atau menangis karena efek gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Kulit bayi akan jadi bentol-bentok berwarna merah.

Agar bayi anda terhindar dari gigitan nyamuk, pastikan bahwa rumah dan area tempat tidur bayi bersih sehingga tidak ada tempat untuk nyamuk bersembunyi. Setelah itu, silahkan ikuti tips bagaimana caranya agar bayi bisa bebas terhindar dari gigitan nyamuk berikut ini:

  1. Pasang kelambu di atas boks bayi, atau menutup bayi dengan penutup yang bentuknya mirip tudung saji yang sekelilingnya dilapisi kelambu.
  2. Selimuti tubuh bayi, atau kenakan baju lengan panjang dan celana panjang.
  3. Halau nyamuk yang masuk ke kamar tidur bayi dengan obat nyamuk semprot (yang aman) minimal satu jam sebelum bayi tidur, atau dengan menggunakan obat anti nyamuk listrik (letakkan minimal 5 meter dari boks bayi).
  4. Pasang kawat anti nyamuk pada setiap ventilasi kamar maupun ruangan lainnya.

Setelah melakukan berbagai pencegahan, tetap pantau kondisi bayi anda, karena bukan tak mungkin ada nyamuk yang bisa ‘lolos’ dari upaya anda tersebut.

Bila bayi anda sudah terlanjur digigit nyamuk, berikan bedak yang mengandung mentol pada bekas gigitan yang memerah di kulit bayi. Bedak dengan senyawa mentol ini akan memberikan efek dingin, yang dapat mengurangi rasa gatal pada bayi.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan bedak mentol. Cukup ditaburi di kulit bayi yang digigit nyamuk saja. Dan bila bekas gigitan nyamuk banyak, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter. Bila perlu, dokter akan memberinya obat antiradang.