Loading...

Tips Cara Aman Belanja Online

Berbelanja adalah hal sangat mengasikka. Jika dulu untuk berbelanja kita harus keluar rumah kemudian pergi ke toko, mall atau pasar, kini kita bisa berbelanja dengan mudah hanya dengan duduk santai dirumah. Cara belanja seperti ini dilakukan melalui internet atau yang lebih dikenal dengan belanja online.

Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi banyak bermunculan situs-situs toko online yang menjual berbagai hal pernak-pernik menarik yang mungkin saat itu kita butuh. Namun awas, hati-hati sebelum berbelanja online, jangan sampai anda menjadi salah satu korban penipuan. Berikut ini tips cara aman berbelanja online untuk anda.

1. Verifikasi
Ketika ingin melakukan transaksi di situs belanja, satu hal yang harus dipastikan terlebih dahulu adalah legitimasi dan reputasi dari situs tersebut. Jangan lantas terpukau dengan iming-iming harga murah dari sebuah situs atau blog antah berantah.

loading...

Untuk mengetahui kredibilitas sebuah situs, ada baiknya melakukan investigasi kecil-kecilan di search engine. Lihat, apakah ada referensi tentang situs tersebut. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan.

2. Keamanan Website
Ketika situs tersebut sudah dipastikan ‘asli’, langkah selanjutnya adalah memastikan sistem keamanan transaksi Anda. Beberapa cara sederhana untuk memastikan hal ini adalah dengan mengecek URL situs tersebut. Untuk situs yang lebih aman, URL yang digunakan biasanya menggunakan awalan ‘https’. Sementara situs biasa menggunakan awalan ‘http’.

Nah, situs tanpa awalan huruf ‘s’ (dari kata ‘https’) inilah yang patut diwaspadai jika Anda ingin melakukan transaksi online di situs tersebut. Sebab sistem keamanan mereka kurang terjamin.

Kemudian, bisa juga mengeceknya dari keberadaan gambar ‘gembok’ di area URL atau di bagian bawah kanan halaman transaksi. Intinya Jika tidak ada gembok, situs tersebut relatif lebih aman. Terakhir adalah keberadaan semacam sertifikasi keamanan dari pihak ketiga. Salah satunya seperti ‘Cybertrust secured websites’.

3. Security Software
Browser internet yang sekarang hadir juga telah semakin memperbaiki sistem peringatannya. Jadi ketika si pengguna secara tak sadar telah mengunjungi situs berbahaya yang ingin melakukan aksi phishing (pencurian informasi), maka browser tersebut secara otomatis bakal mengeluarkan tanda peringatannya.

Akan lebih bagus jika pada komputer yang digunakan diinstall pula aplikasi keamanan tambahan yang menyediakan firewall dan filter untuk menghadang aksi-aksi yang ingin menyerang komputer Anda.

4. Data Personal
Jangan asal mengumbar data-data pribadi nan sensitif di internet. Termasuk di antaranya adalah nomor telepon, alamat rumah, nomor kartu kredit, sosial security number, dan data privasi lainnya.

Hal sederhana yang kadang terlupa adalah membiarkan username, password, dan data pribadi kita tersimpan pada komputer, dengan alasan biar efisien. Hal ini akan sangat berbahaya jika kita melakukannya di komputer yang digunakan bersama-sama.

Semoga tips cara aman belanja online diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...
Tips Cara Aman Belanja Online | inicarak | 4.5