Loading...

Tips Cara Aman dan Cerdas dalam Berinvestasi

Agar tidak terjebak dalam berinvestasi, calon investor sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup terhadap produk-produk investasi yang ditawarkan.

Banyak pakar investasi menyarankan penerapan delapan langkah berinvestasi secara cerdas dan aman, yaitu:

1. Tahu sebelum melangkah. Sebelum memutar uang sebaiknya pahami dan pastikan kita mengetahui secara garis besar tujuan investasi kita. Misalnya, secara umum untuk pembelian rumah atau pendidikan anak.

loading...

2. Pilih investasi yang realistis. Dalam berinvestasi, risiko dan hasil berjalan seiring. Semkain besar hasil yang diinginkan, kian besar pula risikonya. Ini yang harus diingat oleh para investor. Jadi pilihlah jenis investasi yang paling realistis sesuai dengan keuangan dan tujuan investasi Anda.

3. Aplikasikan visi jangka panjang. Semakin lama kita membiarkan investasi kita, kian besar pula kesempatan hasil terhadap investasi yang diharapkan. BIarkan waktu yang membesarkan investasi tersebut.

4. Disiplin dengan anggaran. Seimbangkan dana yang hendak diinvestasikan dengan pendapatan kita. Jangan mainkan dana diatas 30% dari total pendapatan. Jangan lupa menyisihkan untuk tabungan.

5. Kendalikan emosi dengan cara memahami kapan harus membeli dan kapan harus menahannya. Jangan terlalu berharap meraup keuntungan yang besar.

6. Dalam kondisi yang baik, melakukan diversifikasi merupakan langkah yang aman. Coba tanamkan modal dalam beberapa instrumen investasi, agar risiko bisa diperkecil terutama jika salah satu pasar melakukan gerakan menurun yang cukup drastis.

7. Kenali bunga investasi yang mungkin diraih. Bandingkan dengan bunga dari model investasi lain.

8. Kelola utang dengan baik. Kita harus mengontrol nilai pinjaman sehingga tidak terjadi lonjakan. Usahakan jumlahnya tidak lebih dari 20% dari total pendapatan. Lakukan pembayaran secara teratur mengingat bunga pinjaman terus berkembang.(Noor, 11/2011)

Loading...

Hasil pencarian:

cara memutar uang agar berkembang
Tips Cara Aman dan Cerdas dalam Berinvestasi | inicarak | 4.5