Loading...

Tips Cara Aman Menggunakan Obat Tradisional

Penggunaan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit sepertinya masih menjadi primadona masyarakat saat ini. Selain karena lebih murah, penggunaan obat herbal dianggap minim efek samping.

Minim efek samping bukan berarti tidak ada. Penggunaan yang tidak sesuai aturan dan dosis tetap akan memberikan efek buruk bagi penggunanya. Untuk itulah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan tips agar penggunaan obat tradisional tepat, rasional, dan aman.

1. Jangan mengonsumsi melebihi dosis, dan gunakan sesuai aturan yang tertera pada kemasan.
2. Bila terjadi efek yang tidak diinginkan, segera hentikan penggunaannya, dan langsung hubungi dokter.
3. Informasikan ke dokter yang sedang merawat Anda, karena beberapa bahan dalam obat tradisional dapat berinteraksi dengan obat kimia, sehingga dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan.
4. Jangan mengonsumsi obat tradisional yang mengandung bahan yang diketahui dapat menyebabkan alergi.
5. Hati-hati pada penderita hipertensi, gangguan fungsi jantung, ginjal, dan hati. Karena ada beberapa bahan yang diketahui dapat menyebabkan alergi.
6. Hati-hati jika sedang menjalani diet rendah gula, karena selain mengandung bahan berkhasiat, obat tradisional terkadang mengandung bahan tambahan seperti pemanis.
7. Jika sedang hamil atau merencanakan kehamilan, harus diwaspadai. Karena beberapa bahan dapat memengaruhi janin.
8. Untuk wanita menyusui pun harus hati-hati, karena beberapa bahan dapat dieksresikan melalui air susu ibu (ASI) yang kemungkinan dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada bayi.

loading...

Pastikan juga agar aman dan tidak membuat kesakitan yang mengonsumsinya, belilah obat herbal atau obat tradisional di tempat penjualan resmi. Jangan membeli obat melalui toko obat yang ada internet. Selain itu, periksalah logo yang tercantum pada kemasan obat tersebut.

Loading...
Tips Cara Aman Menggunakan Obat Tradisional | inicarak | 4.5