Loading...

Tips Cara Aman Menonton Televisi untuk Anak

Kebiasaan menonton televisi menjadi salah satu penyebab kerusakan mata pada anak. Karena itu, jangan heran bila kita sudah biasa melihat anak-anak sudah memakai kacamata dalam kesehariannya.

Sebenarnya tidak ada larangan bagi anak untuk menonton televisi. Namun sebagai orang tua, kita harus mengajarkan hal yang baik, termasuk dalam menonton televisi. Menonton televisi tidak boleh terlalu dekat, karena itu bisa mengganggu kesehatan mata.

Berikut ini adalah tips aman nonton televisi untuk anak seperti dikutip dari laman Ayah Bunda.

1. Jarak menonton televisi yang ideal adalah lima kali diagonal layar televisi. Misal, ukuran diagonal televisi 14 inci. Maka jarak ideal minimal yang aman untuk menonton televisi adalah 5 x 14 inci yaitu 70 inci atau sekitar 1,78 meter. Jarak pandang ini akan membuat mata menjadi rileks, lensa mata tidak perlu bekerja keras untuk menangkap gambar. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, maka lensa mata menjadi cembung sehingga dikemudian hari akan butuh kacamata.

2. Untuk mencegah mata kering atau dry eye, buat agar mata anak untuk sering berkedip. Saat mata mengedip, kelenjar yang berada di kelopak mata akan memroduksi air mata yang penting untuk melindungi mata.

3. Pasang lampu ruangan menonton televisi yang terang, minimal sama terangnya dengan cahaya yang keluar dari televisi. Jangan buat ruangan menjadi redup karena pupil anak akan memaksa untuk membesar, dan sebagai akitbatnya adalah menjadi cembung dan kelak butuh kacamata.

4. Jangan biarkan anak nonton tv sambil tiduran. Posisi tubuh miring memengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi, sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang.

Tips cara aman menonton televisi tersebut sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak, namun orang dewasa pun bisa menerapkan cara aman menonton televisi tersebut.

Yang juga penting harus diperhatikan orang tua adalah untuk anak usia balita. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Pasalnya, anak usia sampai 2 tahun hanya mampu berkonsentrasi sekitar 7-15 menit. Kemudian matikan televisi dan alihkan dengan aktifitas lain yang seru dan membantu perkembangannya. Sebaiknya, tetapkan waktu menonton televisi untuk si buah hati, misalnya setelah mandi pagi. Meski masih bayi, ia sudah bisa diajarkan kebiasaan atau jadwal aktifitas.

loading...
Loading...
Tips Cara Aman Menonton Televisi untuk Anak | inicarak | 4.5