Tips Cara Atasi Radang Tenggorokan | IniCaraku.com

Tips Cara Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas yang biasanya merupakan gejala awal dari influenza. Penyebabnya sebagian besar adalah virus. Selain itu juga disebabakan oleh alergi, bakteri strepotongokokus, dan rokok.

Saat kondisi tubuh sedang tidak fit radang tenggorokan akan mudah menyerang. Beberapa gejala yang sering muncul seperti tenggorokan terasa perih, gatal dan kering, suara serak dan parau, batuk dan bersin, serta pilek yang disertai sedikit demam.

Sebenarnya tidak diperlukan pengobatan medis secara khusus untuk mengatasi radang tenggorokan. Yang lebih diutamakan adalah asupan gizi yang optimal untuk memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan daya tahannya.

Berikut ini adalah syarat diet untuk atasi radang tenggorokan:

  • Banyak minum air putih.
  • Hindari makanan dan minuman dingin.
  • Hindari hidangan yang mengandung kalori tinggi dan tinggi protein, terutama yang berasal dari hewani seperti susu, telur, ikan, ayam, dan daging.
  • Hindari makanan yang merangsang tenggorokan bertambah sakit seperti makanan yang berminyak, gorengan, pedas, asam, terlalu manis, dan terlalu berbumbu.
  • Konsumsi menu yang cukup mengandung vitamin terutama A, C, E, B6, B1, dan asam folat yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Cukup mengandung mineral kalsium, Fe (besi), zinc, kalium, dan magnesium yang berperan dalam pembentukan sel-sel pertahanan tubuh melawan infeksi.
  • Bawang putih baik digunakan karena berkhasiat menguatkan daya tahan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel darah putih untuk melawan penyakit dan meningkatkan produksi antibodi.

Untuk mengobati radang tenggorokan, anda bisa coba menggunakan ramuan berbahan dasar lidah buaya atau daun sambiloto.

1. Lidah buaya
Daun lidah buaya kupas ambil dagingnya 90 gram, Jeruk lemon peras ambil airnya 1/2 buah dan Madu secukupnya. Cuci daging lidah buaya, blender lalu panaskan hingga mendidih. Setelah hangat tambahkan air perasan jeruk lemon dan madu, aduk rata. Minum 3 kali sehari.

2. Daun Sambiloto
Daun sambiloto kering 5 gram, daun sirih 5 lembar. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur setiap beberapa jam sekali, lalu telan.