Loading...

Tips Cara Membuat Gorengan Sehat untuk Buka Puasa

Makanan yang digoreng selalu identik dengan lemak tidak sehat. Sehingga gorengan sering dianggap sebagai pilihan menu tidak sehat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama sebagai menu buka puasa. Benarkah demikian?

Sebagai salah jenis makanan yang popiler di masyarakat, gorengan sering terhidang di meja makan. Namun sayang, makanan yang digoreng biasanya memiliki kandungan kadar lemak tinggi yang tentunya hal ini bisa mengganggu kesehatan karena dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Bila di keluarga anda gorengan sudah menjadi salah satu jenis camilan yang tidak bisa dihilangkan, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan makanan camilan yang digoreng namun tetap sehat bagi tubuh. Berikut diantaranya:

1. Membuat gorengan sendiri di rumah

Kebersihan dari makanan yang digoreng di rumah sendiri tentunya lebih terjamin. Tidak hanya itu saja, karena anda juga bisa memilih jenis minyak yang lebih sehat untuk menggoreng makanan.

2. Jangan terlalu lama menggoreng makanan

Atur agar suhu minyak tidak terlalu panas. Karena menurut hasil dari penelitian, bila suhu minyak yang digunakan semakin panas maka akan memben tuk senyawa yang dinamakan akrilamida yang berkaitan dengan faktor resiko penyakit jantung dan kanker. Kareana itu, jangan terlalu lama menggoreng makanan, segeralah angkat makanan setelah makanan berwarna cokelat keemasan.

3. Hindari menggunakan minyak berkali-kali

Saat menggoreng sebaiknya jangan gunakan minyak berulang kali, apalagi bila warnanya sudah berubah menjadi kecokelatan dan bahkan hitam pekat. Sebaiknya ganti minyak goreng setelah digunakan maksimal setelah tiga kali pemakaian atau berubah warna.

4. Gunakan tisu untuk mengeringkan makanan

Untuk meminimalisir jumlah minyak di dalam makanan, maka anda bisa gunakan kertas tisu makanan terlebih dahulu sebelum makanan tersebut dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah minyak yang ada dan ikut tertelan bersama saat konsumsi makanan gorengan.

Namun walau anda sudah berusaha untuk mengolah gorengan dengan cara yang lebih sehat, akan tetap bila gorengan dikonsumsi secara berlebihan tetat dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena itu ada baiknya bila anda konbinasikan gorengan dengan makanan lainnya saat buka puasa.

loading...
Loading...
Tips Cara Membuat Gorengan Sehat untuk Buka Puasa | inicarak | 4.5