Loading...

Tips Cara Memilih Perguruan Tinggi atau Universitas Untuk Kuliah yang Baik

Pendaftaran kuliah sudah mulai dibuka, banyak lulusan SLTA, SMU, SMA, MA atau yang sederajat bingung menentukan tempat kuliah atau perguruan tinggi yang cocok dan sesuai minat.

Memilih perguruan tinggi untuk kuliah tidak boleh sembarangan, jika tidak ingin menyesal nantinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar menentukan perguruan tinggi mana yang akan dipilih sebagai tempat kuliah nantinya. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih perguruan tinggi atau universitas untuk melanjutkan kuliah:

loading...

1. Minat
Pikirkan dan pahami apa yang menjadi keinginan (minat) Anda. Anda ingin masuk ke jurusan apa. Kalau Anda sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah memilih universitas. Hal tersebut bisa terjadi karena nyaris semua universitas memiliki spesialisasi jurusan masing-masing. Kalau Anda merasa kesulitan dalam memilih jurusan, ada baiknya Anda mendiskusikannya bersama orang tua atau bahkan teman seangkatan Anda. Berdiskusi dengan senior juga dianjurkan agar Anda mengerti enak atau tidaknya mendalami jurusan tersebut.

2. Jarak
Selain minat, Anda juga harus memikirkan jarak kampus Anda dari rumah. Kalau terlalu jauh, terkadang dapat membuat Anda jadi merugi, baik waktu, tenaga, maupun biaya. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara in the cost (ngekost).

3. Keuangan
Sebelum Anda memilih sebuah universitas, ada baiknya Anda menyelidiki dan menghitung terlebih dahulu biaya yang diminta oleh pihak perguruan tinggi. Tanyakan atau diskusikan dulu dengan orang tua Anda. Kalau Anda mengalami kesulitan biaya, tidak ada salahnya Anda meminta beasiswa ke perguruan tinggi yang Anda tuju.

4. Universitas/PT
Selidikilah terlebih dahulu perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Cek terlebih dahulu apakah jurusan yang ingin ambil di perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi atau tidak. Selidiki juga, apakah perguruan tinggi tersebut memiliki program kuliah yang baik atau tidak. Pikirkan juga, apakah prospek Anda setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Fasilitas yang disediakan juga perlu jadi faktor penentu. Era digital dan internet sekarang ini tidak ada alasan kesulitan mencari informasi. atau kalo masih belum puas juga tidak ada salahnya Anda menanyakan hal tersebut pada teman atau lulusan yang kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas maka anda bisa memperkirakan nantiny akan kuliah dimana yang sekiranya sesuai dengan minat, berkualitas namun tetap sesuai dengan keuangan keluarga.

Loading...

Hasil pencarian:

lebih bagus universitas atau sekolah tinggi, tsel me/mytselektra, bagus universitas atau sekolah tinggi, Tips Memilih Tempat Kuliah yang bagus
Tips Cara Memilih Perguruan Tinggi atau Universitas Untuk Kuliah yang Baik | inicarak | 4.5