Loading...

Tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer PC

Kinerja komputer biasanya akan semakin lambat dengan seiring berjalannya waktu. Hal ini karena semakin banyaknya aplikasi yang terinstall maupun file atau registry sisa instalasi yang tidak lagi terpakai.

Mempunyai komputer yang akses kinerjanya lambat tentu sangat menyebalkan karena makin banyak waktu terbuang hanya untuk menunggu sebuah program terbuka. Untuk dapat mempercepat kinerja komputer, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba lakukan:

1. Menambah perangkat hardware
Anda bisa coba lakukan upgrade komponen perangkat hardware komputer. Misalnya memori RAM, harddisk, motherboard atau bisa juga prosesornya.

loading...

2. Bersihkan tampilan desktop
Hapus semua pernak-pernik yang ada di tampilan desktop komputer anda. Jangan biasakan menyimpan file atau folder di desktop maupun di drive C:, buatlah ruang atau drive khusus untuk menyimpan file, misalnya di drive D: atau lainnya.

3. Lakukan scan system windows untuk mengecek kerusakan sistem
Bersihkan atau perbaiki file sistem komputer yang rusak. Anda bisa coba gunakan aplikasi “System File Checking” untuk membantu melakukannya.

4. Bersihkan komputer dari Virus, Spyware dan Adware
Lakukan scanning terhadap virus, spyware ataupun adware komputer anda. Untuk melakukannya anda bisa coba gunakan aplikasi antivirus.

5. Hapus program yang tidak terpakai
Jika ada aplikasi atau program yang sekiranya tidak lagi pernah dipakai, sebaiknya dihapus saja. Tujuannya adalah untuk mengurangi space atau pemakaian ruang harddisk komputer. Semakin banyak space harddisk yang kosong maka semakin cepat akses komputer.

6. Jangan menggunakan efek secara berlebihan
Penggunaan efek visual seperti screen saver, animasi kursor atau lainnya akan memakan banyak memori yang mengakibatkan komputer berjalan lambat. Jika komputer menggunakan memori yang kecil, sebaiknya gunakan efek visual standar saja.

7. Matikan program yang berjalan saat startup
Beberapa aplikasi akan secara otomatis dijalankan begitu komputer dinyalakan atau startup. Misalnya saja antivirus, Winamp mungkin atau lainnya. Sebaiknya kurangi atau bahkan kalau bisa matikan akses aplikasi saat startup.

8. Lakukan Defragment Hard Drive (disk defragmenter)
Semakin banyak informasi dan program yang di komputer, semakin besar kemungkinan bahwa Windows telah menempatkan bagian-bagian file yang sama di lokasi yang berbeda pada hard drive Anda. Ini akan mengakibatkan sistem harus melalui proses panjang sebelum akhirnya menemukan file yang diinginkan. Defragmen memungkinkan untuk melakukan pengaturan dan penataan file sistem secara beraturan.

Loading...
Tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer PC | inicarak | 4.5