Loading...

Tips Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Puasa Ramadhan

Berpuasa selama sebulan penuh belum tentu bisa membuat berat badan seseorang berkurang. Bahkan, tak jarang berat badan justru naik saat berpuasa. Adapun penyebab berat badan naik saat puasa biasanya adalah karena pola makan yang tidak dijaga. Saat berbuka, kebanyakan orang akan kalap sehingga akan melahap semua makanan yang dihidangkan di meja makan.

Tips Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Puasa Ramadhan

Berpuasa seharusnya bisa menjadi momen untuk menurunkan berat badan. Nah, bila anda ingin berpuasa sekaligus sebagai cara diet untuk menurunkan berpuasa, maka berikut adalah trik yang bisa anda lakukan:

Hal yang terpenting dalam menurunkan berat badan adalah minum air sebelum makan, dua hingga enam gelas. Demikian sebagaimana yang ditulis oleh laman Saudi Gazette.

Menurut penelitian, minum sekitar 16 ons air akan meningkatkan metabolisme sebesar 24 persen, yang dapat membantu menurunkan daripada menaikkan berat badan.

Rencanakan juga makanan berbuka puasa sehingga tahu apa yang dikonsumsi. Bila jarak rumah dan masjid tidak terlalu jauh, maka akan lebih baik bila anda berjalan. Anggap saja ini sekaligus olahraga.

Bila anda sudah terbiasa berolahraga di gymnasium, tambah ekstra jam latihan. Misalnya, bila biasanya berolahraga tiga kali seminggu, tambah menjadi empat karena semakin bayak bergerak, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Minum atau makan grapefruit, sejenis jeruk, antara buka puasa dan sahur atau sarapan dan makan siang saat hari raya agar perut terasa penuh. Menurut penelitian, grapefruit juga dapat menambah sedikit energi.

Setelah anda selesai makan sahur, maka usahakan jangan langsung tidur. Sebaiknya, beri jeda sekitar dua jam sebelum tidur dan pastikan anda makan makanan sahur yang rendah karbohidrat.

Itulah beberapa tips cara mencegah berat badan naik selama berpuasa. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5