Loading...

Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Untuk mencegah gigi berlubang, anak-anak masih membutuhkan orang dewasa untuk mengajari dari mengawasi agar ia mau merawat giginya. Karena itu, keseriusan orang tua dalam mendidik bagaimana cara merawat gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang pada anak.

Untuk cara mencegah gigi berlubang pada anak, pastilah orang tua harus mengajari cara menggosok gigi yang benar. Orang tua harus mengajarkan pada anak tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar serta membiasakan anak menggosok gigi.

Sama seperti pada orang dewasa, anak-anak juga harus diajarkan untuk membiasakan diri rajin menggosok gigi minimal sehari dua kali, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Langkah selanjutnya untuk mencegah gigi anak berlubang adalah dengan menghindari atau seminimal mungkin mengkonsumsi makanan atau minuman manis dan bersoda. Kalaupun anaksudah punya kebiasaan senang mengkonsumsi makanan atau minuman manis, maka biasakan untuk mengajarkan anak agar langsung berkumur-kumur air putih untuk melarutkan zat gula yang menempel di gigi.

Berikutnya adalah melakukan flossing, yaitu tindakan pembersihkan plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi dengan menggunakan alat bantu berupa benang gigi maupun sikat interdental. Lakukan flossing pada anak minimal satu kali sehari untuk mengangkat sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi.

Yang tidak kalah pentingnya untuk mencegah gigi berlubang pada anak adalah dengan memeriksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Itulah beberapa langkah dan cara untuk menghindari gigi anak berlubang.

loading...
About these ads
Loading...
Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak | inicarak | 4.5