Tips Cara Mencegah Mabuk Kendaraan Darat, Laut & Udara | IniCaraku.com

Tips Cara Mencegah Mabuk Kendaraan Darat, Laut & Udara

Mabuk saat naik kendaraan seringkali di alami oleh orang-orang yang tidak tahan terhadap bau bensin atau bau asap yang menyesakkan dada, atau terhadap goncangan-goncangan. Ada juga yang mengatakan, kalau hal seperti itu di sebabkan karena jantung lemah.

Mabuk kendaraan tentu saja sangat mengganggu perjalanan dan kita tidak bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Nah, apabila kita juga sering mengalami mabuk kendaraan dan ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, maka cobalah resep tradisional berikut ini:

1. Mengkonsumsi produk jahe sebelum bepergian

Konsumsi sampai 4 gram jahe dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau teh sebelum bepergian. Minum minuman jahe atau makan beberapa kue juga dapat membantu mencegah mabuk laut.

Jahe merupakan herbal alami yang ampuh membantu mencegah dan mengatasi mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

2. Mengkonsumsi teh pappermint

Minum 2-4 cangkir teh peppermint sehari sebelum melakukan perjalanan untuk mencegah mabuk. Masukkan tiga lembar daun peppermint dalam cangkir. Isi gelas dengan air panas kemudian ditutup. Biarkan sekitar 10 menit sebelum meminumnya.

Cara lain, ambil tablet peppermint dua sampai tiga kali per hari sebagai alternatif. Peppermint dipercaya mampu mencegah mabuk perjalanan dengan efektif

3. Sesuaikan asupan makanan dan cukup istirahat

Menyesuaikan asupan makanan dan mendapatkan cukup istirahat sebelum bepergian. Hindari makan terlalu banyak makanan yang lambat dicerna, makanan pedas, makanan berlemak dan asam setidaknya sehari sebelum melakukan perjalanan. Konsumsi makanan kecil sekitar dua jam sebelum bepergian sehingga makanan dapat mulai dicerna.

Hindari alkohol dan kafein sebelum dan selama perjalanan karena membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu mabuk. Alih-alih alkohol dan kafein, minum air sebagai gantinya.

4. Lakukan teknik pernapasan

Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan menenangkan Anda dari gejala mabuk perjalanan. Tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungn.

Setelah, itu hembuskan napas keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini berkali-kali hingga rasa mual ingin muntah mereda.


IniCaraku.com Search form