Loading...

Tips Cara Mencegah Pikun Saat Tua

Pikun adalah menurunnya kemampuan berfikir secara drastis, akibat dari menurunnya fungsi jaringan otak. Secara umum, tanda-tanda orang yang mengalami kepikunan adalah mudah lupa. Adapun penyebab pikun atau penyakit dimensia ketika usia tua adalah penyakit Alzheimer. Sebenarnya pikun tidak hanya mengancam kaum usia lanjut, orang yang masih usia muda pun kini banyak yang sudah mulai mengalami kepikunan.

Menurut Dr. dr. Martina Nasrun, Ahli Psikiatri Geriatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI, untuk cara mencegah pikun sebenarnya sangat mudah. Lakukan dan jalankan gaya hidup sehat sejak usia masih muda. Konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang sedini mungkin. Jangan pernah ragu untuk melakukannya.

Biasakan mengonsumsi sayuran dan buah. Selain itu, jangan pernah lupa untuk menyempatkan diri berolahraga minimal seminggu 3 kali. Apabila tidak sempat olahraga, naik turun tangga yang dilakukan secara rutin juga sudah cukup.

loading...

Apabila semua itu sudah dilakukan sejak usia muda, maka pelupa, kebingungan, bicara tidak lancar, kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari ketika usia sudah tua tidak akan terjadi.

Loading...
Tips Cara Mencegah Pikun Saat Tua | inicarak | 4.5