Tips Cara Mencegah Sembelit & Susah BAB pada Ibu Hamil | IniCaraku.com

Tips Cara Mencegah Sembelit & Susah BAB pada Ibu Hamil

Konstipasi atau sembelit merupakan salah satu jenis kelainan pada sistem pencernaan yang ditandai dengan gejala sakit pada bagian perut dan susah buang air besar (BAB). Pada masa kehamilan, seiring dengan pertambahan berat janin maka kondisi rahim seorang ibu tengah dalam kondisi yang membesar.

Pada kondisi tersebut, dimana kondisi rahim yang membesar kearah belakang akan dapat menekan usus sehingga menimbulkan kondisi sembelit. Pada reaksi yang berbeda, dimana rahim membesar kearah depan, akan membuat penekanan pada kandung kemih sehingga menyebabkan terjadinya gejala seperti sering buang air keci. Dalam hal ini gejala tersebut adalah alamiah dan normal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar pada ibu hamil.

  • Konsumsilah makanan yang tinggi serat untuk membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.
  • Lakukan pola hidup sehat dengan rajin melakukan olahraga ringan seperti senam hamil maupun jalan kaki dapat mereduksi gejala sembelit bagi ibu.
  • Ibu hamil (juga semua orang) disarankan untuk minum air putih 6-8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, ditambah dengan menjaga agar kebiasaan untuk tidak menunda saat keinginan BAB muncul.

Untuk masalah sembelit yang lama dan sulit diatas, ada baiknya ibu hamil melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sehingga akan lebih tepat diagnosa dalam observasi sesuai dengan keluhan yang dialami oleh ibu hamil.

Panduan Cara Cepat Hamil


IniCaraku.com Search form