Loading...

Tips Cara Mencegah Susah Buang Air Besar Saat Puasa Ramadhan

Kurangnya konsumsi cairan serta pola makan yang berubah seringkali menjadi penyebab susah buang air besar yang banyak dialami. Terutama pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Mengalami masalah gangguan pencernaan di bulan puasa tentunya tidak diinginkan, karena itu akan membuat rasa tidak nyaman selama berpuasa. Untuk itu, masalah susah buang air besar secepat mngkih harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Saat Puasa

Berikut ini adalah sejumlah tips bagaimana cara mengatasi serta mencegah susah buang air besar saat puasa Ramadan sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

1. Buah-buahan

Buahan-buahan seperti apel, pisang, pepaya, markisa dan alpukat yang kaya serat harus dimasukkan ke menu sahur. Hal ini akan membantu memberikan hidrasi dan melancarkan pencernaan selama berpuasa.

2. Perbanyak konsumsi sayuran

Sayuran mengandung banyak serat yang sehat. Sayuran seperti buncis, kacang polong perlu dimasukkan ke dalam menu sahur dan berbuka puasa. Karena, sayuran tersebut membantu mencegah sembelit saat berpuasa di bulan Ramadan.

3. Sertakan probiotik

Probiotik seperti yogurt membantu dalam mencegah sembelit yang disebabkan asupan makanan rendah kalori. Jadi, pastikan untuk menyertakan yogurt selama puasa agar pencernaan sehat.

4. Jus buah

Terlepas dari air, jus buah segar dapat membantu mencegah dehidrasi dan sembelit selama puasa di bulan Ramadan. Minumlah air kelapa, jus semangka, jus jeruk, dan jus anggur untuk mencegah sembelit.

5. Makan produk rendah lemak

Ayam tanpa kulit dan ikan mengandung rendah lemak, tetapi merupakan sumber protein. Hal ini membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh selama berpuasa. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air setelah berpuasa untuk mencegah sembelit.

6. Konsumsi gandum

Gandum merupakan asupan sehat yang dapat membuat pencernaan sehat selama Ramadan. Karena itu, sertakan gandum dalam menu sahur untuk membantu mencegah sembelit.

7. Ngemil almond

Almond salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi selama puasa Ramadan. Karena, almond kaya akan protein dan serat, serta sedikit lemak yang membantu mencegah sembelit selama berpuasa di bulan Ramadan.

8. Sertakan kurma

Kurma harus dimasukkan dalam menu diet selama puasa Ramadan. Karena, kurma merupakan sumber serat, karbohidrat, kalium, magnesium dan gula alami. Makan kurma selama Ramadan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah sembelit.

Itulah beberapa cara mengatasi susah buang air besar yang bisa dilakukan. Pastikan bahwa tubuh anda tercukupi asupan cairan dan juga serat untuk menghindari masalah gangguan pencernaan berupa susah buang air besar ini.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

agar Bab lancar selama puasa
Tips Cara Mencegah Susah Buang Air Besar Saat Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5