Loading...

Tips Cara Mencuci Kaos Sweater, Agar Tidak Mudah Longgar atau Melar

Cuci kering pakai pada pakaian yang disukai sering dilakukan banyak orang. Ada banyak alasan orang senang untuk selalu memakai kaos yang sama dalam setiap kegiatannya. Akibat dari sering dicuci pakai, maka bukan tidak mungkin kaos kesayangan menjadi melar atau longgar, terutama pada bagian lehernya.

Nah, bila anda merasa tidak nyaman memakai kaos yang sudah longgar sementara anda masih menyukai kaos tersebut dan tidak berniat untuk membeli kaos baru, maka anda bisa mencoba tips berikut ini.

Agar kaos favorit kembali bisa digunakan dengan nyaman, maka cobalah trik sederhana bagaimana caranya mengembalikan kaos yang melar karena sering dicuci. Adapun caranya anda bisa mengisi botol spray dengan air suam (tidak terlalu panas atau dingin), kemudian semprotkan air pada bagian yang melar pada sweater, sampai bagian tersebut benar-benar basah.

loading...

Selanjutnya anda baringkan bagian yang basah tersebut pada handuk tebal dan bentuk kembali bagian tersebut seperti semula. Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan bagian tersebut secara perlahan-lahan, sambil membentuk kembali bagian tersebut.

Trik cara mengembalikan kaos yang melar mungkin tidak selalu berhasil maksimal untuk membuatnya seperti pada kondisi seharusnya. Karena itu untuk mencegah kaos melar karena sering dicuci, maka ada baiknya kita melakukan pencegahan awal agar kaos atau sweater tidak cepat melar atau longgar, terutama saat mencuci.

1. Cuci dengan air panas
Tidak seperti jenis pakaian lainnya, sweater berbahan wol atau rajut harus dicuci dengan menggunakan air panas. Pencucian dengan menggunakan air dingin dan digosok dengan dengan kuat akan membuat sweater jadi mudah melar dan longgar.

Hindari juga mencuci bahan sweater dengan mesin cuci. Rendam beberapa saat sweater rajut ini dengan air panas selama beberapa saat, agar kembali ke bentuk semula.

2. Keringkan dengan pemanas
Proses pemanasan menyebabkan sweater menyusut kembali ke ukurannya semula. Sebisa mungkin, setelah dicuci dengan air panas, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar sisa air yang ada di dalam kain bisa hilang sempurna dan tidak membuatnya melebar. Namun, jangan menggantung sweater yang masih basah dengan hanger. Sweater yang berat karena masih basah juga akan membuatnya melar. Sangkutkan saja langsung di tali jemuran.

Jika mau, Anda juga bisa menggunakan alat pengering rambut untuk menghilangkan sisa airnya. Setelah setengah kering, gunakan pengering rambut untuk membantu penyusutan bahan setelah pencucian.

3. Gunakan setrika uap
Sekalipun panas bisa membantu penyusutan bahan, namun setrika yang terlalu panas bisa merusak bahan. Gunakan setrika uap untuk menggosok bahan ini agar sweater tidak rusak.

Itulah tips bagaimana cara merawat kaos sweater agar tidak mudah longgar atau melar sehingga sweater kesayangan anda tetap bisa dipakai. Sayang bukan, kalau sweater kesayangan tidak bisa dipakai lagi hanya karena bahannya sudah melar.

Loading...
Tips Cara Mencuci Kaos Sweater, Agar Tidak Mudah Longgar atau Melar | admin | 4.5