Tips Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah | IniCaraku.com

Tips Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah membuat penampilan kurang menarik. Selain itu, Anda pasti akan merasa kurang nyaman karena kondisi seperti ini biasanya akan membuat bibir terasa gatal, mengelupas bahkan berdarah.

Bibir kering bisa disebabkan karena dehidrasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi masalah ini. Selain harus banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, untuk mengembalikan cairan tubuh, Anda juga bisa mengikuti tips ini.

1. Minum 8 gelas air putih setiap hari
Dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah, akibatnya bibir jadi kasar dan ada kulit yang mengelupas. Minum 8 gelas (atau 1-2 liter) air putih setiap hari dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat bibir menjadi kering.

2. Basahi bibir saat merasa kering dengan air putih
Membasahi bibir jangan dengan menjilati bibir, karena dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir sehingga bibir akan semakin kering. Cukup gunakan air putih atau minum segelas air putih untuk membasahi bibir.

3. Konsumsi sayur dan buah
Pilih sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral. Kadar air yang terdapat pada bibir juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Mengenai mengapa buah bermanfaat dan kandungan apa saja di dalam buah.

4. Gunakan lip balm yang mengandung tabir surya & pelembab
Sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab keringnya bibir sehingga penggunaan tabir surya pada bibir menjadi penting. Begitu juga dengan pelembab yang diperlukan agar kelembapan bibir tetap terjaga saat melakukan aktivitas seharian.

5. Pilih lipstik yang sesuai dan mengandung pelembab
Saat membeli kosmetik, perhatikan kandungannya. Pilih kosmetik atau lipstik yang mengandung emollient dan berbahan alami serta mengandung pelembab.

6. Segera bersihkan sisa lipstik sebelum tidur
Sisa lipstik dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut dan scrub bibir untuk menyikat bibir dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Dapat pula menggunakan handuk lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan bibir.

7. Jauhi gaya hidup merokok atau minum alkohol
Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan warna hitam pada bibir. Sedangkan alkohol dapat membuat dehidrasi yang berakibat bibir menjadi kering.

8. Oleskan pelembab bibir pada malam hari sebelum tidur
Selain menggunakan pelembab bibir yang dijual, Anda dapat menggunakan madu sebagai pelembab alami yang dapat memberikan nutrisi pada bibir.

9. Melakukan pemijatan bibir dengan menggunakan minyak zaitun
Pemijatan akan membantu peredaran darah pada bibir menjadi lancar sehingga bibir tetap sehat. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk melakukan pengolesan pada bibir pada saat memijat bibir Anda.

Untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan:

1. Mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah. Karena bisa menimbulkan peradangan dan bahkan pendarahan.

2. Mengonsumsi makanan yang pedas atau menyebabkan panas, seperti durian, nangka, mangga, dan lain sebagainya, karena akan menyebabkan sariawan dan bibir semakin pecah-pecah.


IniCaraku.com Search form