Loading...

Tips Cara Mengatasi Cantengan di Kaki

Cantengan atau yang dalam istilahnya dikenal dengan nama paronychia ini merupakan suatu keadaan dimana kuku masuk ke jaringan kulit. Umumnya cantengan terjadi dikaki dan khususnya ibu jari kaki.

Menurut Dr Agung Pranoto, SpKK, Spesialis Kulit & Kelamin di RS Meilia Cibubur, seperti yang dikutip dari republika, penyebab cantengan biasanya disebabkan karena kuku kaki tidak tuntas dibersihkan melalui pemotongan, sehingga kemudian menimbulkan kondisi yang menekan dan tertanam dijaringan kulit yang bersentuhan dengan kuku. Dalam hal ini, kaki merupakan lokasi yang lembab bila sering menggunakan kaus kaki dan menjadi tempat berkumpulnya kotoran di ujung kuku kaki yang berbatasan dengan jaringan kulit.

Cantengan bisa berakibat lebih lanjut bila kemudian ditambah dengan sakit yang berkelanjutan, bernanah dan meradang disertai dengan demam. Nah untuk itu, lakukan pembersihan kuku (memotong kuku) secara berkala, kemudian dilakukan pasca mandi sehingga kuku melunak. Berhati-hati pada bagian ujung kuku yang berbatasan denga jarigan kulit.

loading...

Bila timbul luka maka segera bersihkan dengan antibiotik dan pastikan pola memotong kuku yang perlu diubah kebiasaannya adalah memotong kuku secara lurus rata (tidak mengikuti lengkung kuku) serta tidak terlalu pendek. Bisa juga dimodifikasi secara fisik, yaitu dengan tidak menggunakan sepatu berujung menyempit, semoga dengan begitu tidak akan kambuk kembali.

Loading...
Tips Cara Mengatasi Cantengan di Kaki | inicarak | 4.5