Tips Cara Mengatasi Hidung Mampet & Tersumbat | IniCaraku.com

Tips Cara Mengatasi Hidung Mampet & Tersumbat

Hidung tersumbat seringkali membuat hidup jadi tidak nyaman dan terasa sangat menyiksa. Apalagi ketika saat akan tidur di malam hari, tidur jadi susah karena untuk bernafas melalui hidung sangat sulit sehingga hanya bisa bernafas melalui mulut. Akibatnya kalau tidur dengan bernafas melalui mulut adalah ngorok.

Hidung tersumbat bisa disebabkan karena alergi atau sedang menderita pilek, bila sudah begitu penderita sulit bernafas karna sinusnya terganggu. Sinus sendiri adalah rongga pada tulang disekitar hidung. Dalam rongga tadi menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung, bila ada gangguan pada rongga tersebut maka terjadi penumpukan lendir di rongga sinus. Akibatnya penderita akan sulit bernafas melalui hidung.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengatasi hidung mampet dan tersumbat secara alami:

1. Uap rempah
Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mengatasi hidung tersumbat.

2. Menghirup zat aromatik atau inhaler
Cara lain untuk mengusir hidung mampet adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup mujarab. Cukup letakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.

Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 – 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, dan hirup uapnya.

3. Minyak dan suplemen kayu putih
Cara lain untuk mengatasi hidung mampet adalah menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan sinus yang lebih parah.

4. Menthol
Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol dalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.

5. Bawang
Di pasaran, memang ada alat hirup khusus hidung tersumbat yang merupakan aroma balsam. Tak perlu mengeluarkan uang membelinya, alat ini bisa diganti dengan herbal alami. Cukup iris bawang lalu menciumnya di dekat hidung selama sekitar lima menit. Aroma bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengencerkan lendir.

6. Minuman panas
Buat secangkir teh atau kopi panas. Sebelum meminumnya, dekatkan cangkir ke arah hidung, dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir penyumbat rongga hidung, tanpa memunculkan risiko iritasi.

7. Bantal tinggi
Saat hidung tersumbat, coba tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Kalau perlu gunakan dua bantal. Usahakan posisi tengadah, jangan miring. Posisi ini akan mengurangi pembentukan lendir.

8. Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat hidung tersumbat memang membantu. Kandungan capsaicin dalam sejumlah produk pedas seperti merica atau cabe membantu mengencerkan lendir dan membersihkan rongga hidung.

9. Hindari penyebab alergi
Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai upaya.


IniCaraku.com Search form