Tips Cara Mengatasi Rasa Putus Asa Karena Gagal dalam Suatu Hal

Hidup itu bagaikan roda yang berputa. Kadang diatas, kadang juga dibawah. Ada saatnya manusia dilanda persoalan yang membuatnya merasakan kebuntuan dan putus asa. Sebagai bagian dari kehidupan, hendaknya manusia bisa menyikapi dengan bijak semua kondisi yang terjadi, termasuk keadaan putus asa tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips ringan bagaimana cara mengatasi rasa putus asa saat anda mengalami kegagalan dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan:

1. Fahami badai pasti berlalu. Setiap ada kesulitan pasti ada kebahagiaan, setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi sifatnya netral dan Tuhan pasti memberikan solusi dan jalan keluarnya, tergantung kita mau mencarinya atau tidak.

2. Berpikir untuk masa depan. Lihatlah ke depan dan kembali ingat-ingatlah berbagai target, harapan, dan cita-cita yang ingin dicapai.

3. Lihat sekitar anda. Ingatlah orang-orang tersayang di sekitar anda, ingat bagaimana mereka begitu penuh kasih sayang dan pasti tidak ingin melihat kita bersedih.

4. Cobalah pergi ke tempat dimana terdapat beberapa orang yang kurang mampu, misalkan panti asuhan atau rumah kumuh. Renungkanlah bagaiman mungkin kita bisa menyerah pada keadaan dengan begitu mudah, sementara di tempat lain masih banyak orang yang berada pada keadaan lebih sulit.

5. Kesuksesan bukan hanya materi. Materi memang penting dalam mengarungi hidup didunia, namun jangan jadikan tujuan utama.

6. Pasrahkan setiap masalah pada Tuhan. Pasrahkan semua permasalahan materi setelah anda berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Dengan kepasrahan akan memperoleh energi baru untuk meraih kesusksesan.

7. Kegagalan bukan akhir segalanya. Setiap kegagalan merupakan awal untuk meraih sebuah kesuksesan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda selama kita terus berusaha tanpa rasa putus asa.

8. Syukuri nikmat Tuhan yang kita terima. Jangan bandingkan apa yang anda peroleh dengan nikmat yang diperoleh orang lain yang bisa menimbulkan rasa iri, dengki dan semakin menyiksa diri sendiri.

9. Sharing permasalahan anda kepada orang-orang terdekat anda sehingga diterima saran untuk mencapai jalan keluar setiap masalah

10. Yakinlah bahwa setelah ada kesulitan, maka aka nada sebuah titik terang yang dating, sebagaimana matahari yang akan berpijar indah setelah gelapnya malam menyergap.

11. Bangkitkanlah kembali motivasi terbesar bagi semua usaha anda. Tiap orang pasti punya motivasi untuk bisa bertahan, entah itu orang tua, pasangan, anak, atau pun cita-cita tertentu.

Semoga tips cara mengatasi rasa putus asa diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

Perbedaan Batik Yogyakarta, Surakarta dan Pekalongan - Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Setiap batik mempunyai corak dan ciri khas yang berbeda. Beda kota, beda juga ciri khas batiknya. Berikut ini yang membedakan.Batik Yogyakarta Batik Yogya biasanya berlatar putih,...

Kiat Cara Mengeteahui Madu asli atau Madu Campuran - Untuk mendapatkan madu yang asli (bukan campuran) memang sulit. Hal inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh orang-orang nakal untuk kemudian menjual madu aspal, asli tapi palsu.Agar Anda tidak tertipu membeli madu campuran, berikut ini...

Cara Memilih dan Menyimpan Wortel - Wortel termasuk sayuran kaya gizi yang bisa diolah dalam berbagai variasi menu. Namun perlu diperhatikan, bahwa mengetahui cara memilih dan menyimpan wortel yang benar akan sangat membantu kita dalam mendapatkan manfaat gizi dari wortel secara...

Cara Menghilangkan Noda Bekas Spidol Permanen - Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih senang memainkan segala sesuatu tanpa memikirkan akibatnya. Termasuk dalam menggunakan spidol permanen.Anak-anak, terutama di usia balita akan mencoret-coret apapun menggunakan spidol yang...

Bacaan Do’a Niat Membayar Zakat Fitrah – Bahasa Indonesia dan Arab - Membayar zakat fitrah termasuk salah satu rukun Islam. Karena itu setiap orang Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitra dengan syarat dan kententuan yang sudah ditetapkan oleh syariat.Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana...

Hikmah Diwajibkannya Membayar Zakat Fitrah - Salah satu kewajiban seorang muslim adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ini diwajibkan kepada setiap muslim tanpa dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah Pada dasarnya keharusan untuk...

Loading...