Loading...

Tips Cara Mengatasi – Mengeluarkan Tlusupen atau Kulit Kemasukan Duri

Cara Mengeluarkan Duri dari Dalam Kulit – Tlusupen atau tlusupen yaitu istilah bahasa jawa untuk kondisi kulit yang kemasukan duri atau benda kecil semisal kayu, duri, pecahan kaca atau lainnya. Biasanya tlusupen ini terjadinya pada area tangan dan kulit, namun demikian tidak memungkinkan juga bisa di area lainnya.

Kadang ada orang yang tidak menyadari tlusupen, namun ada juga yang langsung terasa sakit sehingga berusaha untuk menghilangkan duri, kayu atau benda kecil lainnya yang ada di dalam kulit.

Mungkin diantara kita pernah kemasukan benda kecil di telapak tangan atau kaki yang biasa disebut dengan tlusupen atau susuben atau tlusupan atau susupen atau suban. Kemasukan duri yang kecil, pecahan kaca, remah kayu yang tajam masuk ke dalam kulit, rasanya sakit nyeri kalau tertekan.

Cara Mengeluarkan Tlusupan | Tlusupen | Susuben | Suban atau Duri dari Dalam Kulit

Untuk mengeluarkan duri yang masuk ke dalam kulit, bila tidak terlalu dalam maka bisa kita lakukan dengan cara mengeluarkan duri memakai jarum. Namun tentunya harus kita pastikan agar jarum yang digunakan adalah sudah bersih dan steril agar nantinya tidak justru menyebabkan infeksi.

Selain cara mengeluarkan duri dari dalam kulit menggunakan jarum, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk coba mengeluarkan duri yang ada di dalam kulit. Berikut diantaranya:

1. Olesilah bagian luar yang kemasukan duri dengan getah kayu patah tulang, getah biduri, atau getah pohon kamboja / semboja. Biarkan, pada bagian yang sakit jangan diberi tekanan. Biasanya tak berapa lama benda kecil yang menyebabkan rasa nyeri tersebut akan keluar dengan sendirinya.

2. Untuk mengeluarkan duri di kulit juga bisa dilakukan dengan bawang putih yang ditumbuk sampai lumat, kemudian ditapalkan atau dibalurkan ke bagian yang sakit (ada durinya). Balut dengan perban, kain atau plester dan biarkan selama beberapa malam. Maka duri akan keluar dengan sendirinya.

3. Terasi juga bisa kita gunakan untuk membantu mengeluarkan duri yang masuk dalam kulit, baik itu kulit pada telapak kaki atau tangan. Caranya tidak jauh beda dengan cara mengeluarkan tlusupen duri memakai bawang putih. Tempelkan terasi pada kulit atau bagian yang ada durinya lalu balut dengan perban atau plester dan biarkan selama beberapa hari.

Semoga informasi tentang cara mengatasi & menghilangkan tlusupen yaitu duri yang masuk ke dalam kulit diatas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara menghilangkan tlusupen, cara mengeluarkan tlusupen, cara mengatasi tlusupen, tlusupen, mengatasi tlusupen, cara mengatasi kesusupan, cara mengatasi kesusuban, Cara mengeluarkan kesusupan, cara menghilangkan susuban, susuben, cara menghilangkan susupan, cara mengatasi susupan, cara mengeluarkan duri, cara mengobati tlusupen, cara mengambil tlusupen
Tips Cara Mengatasi – Mengeluarkan Tlusupen atau Kulit Kemasukan Duri | inicarak | 4.5