Loading...

Tips Cara Mengendalikan Emosi di Bulan Puasa Ramadhan

Perut yang lapar dan haus seringkali membuat seseorang lebih mudah tersulut emosinya. Padahal, puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus. Agar puasanya tidak sia-sia dan hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja, maka kita juga harus mampu mengendalikan emosi. Karena itu, penting bagi kita untuk mampu untuk mengatur dan mengontrol emosi selama berpuasa.

Menahan emosi tidak semudah apa yang dikatakan. Terlebih dalam kondisi perut yang lapar dan haus membuat darah mudah naik. Akan tetapi, agar puasa kita tidak hanya menjadi hal yang sia-sia saja, maka kita perlu menerapkan beberapa tips untuk mengendalikan emosi terhadap masalah-masalah yang ada ketika puasa.

Tips Bagaimana Cara Mengendalikan Emosi di Bulan Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara mengendalikan emosi saat puasa di bulan Ramadhan. Diantaranya:

1. Mendengarkan Musik Soft Beat

Salah manfaat mendengarkan musik adalah bisa meredam emosi. Ketika tekanan pekerjaan mulai memancing emosi, maka cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu soft beat dan akustik yang dapat mengembalikan mood.

2. Menganggap Lucu Setiap Masalah Kecil

Saat kita menemukan masalah kecil baik di jalan raya atau di rumah, anggap saja kejadian itu merupakan hal yang lucu. Selain masalah tersebut bukanlah permasalahan yang serius, kita juga jadi bisa tetap fokus dalam menjalankan puasa.

3. Berbicara Kepada Orang-Orang Terdekat

Saat menemukan sebuah masalah, untuk meredam emosi, maka tidak ada salahnya bila kita bicarakan kepada orangtua ataupun pasangan tentang permasalahan yang terjadi. Selain untuk mengumpulkan pendapat dari orang lain terhadap permasalahan yang kita hadapi, tentu beban pikiran juga dapat berkurang saat kita menceritakannya kepada orang lain.

4. Berinteraksi dengan Hal-Hal yang Lucu

Rasa bahagia bisa muncul ketika kita dapat berinteraksi dengan hal-hal yang lucu. Seperti misalnya adalah berinteraksi dengan hewan peliharaan juga bisa membantu mengembalikan mood yang sebelumnya rusak karena berbagai permasalahan yang tengah kita alami.

5. Berolahraga

Cara meredam emosi juga bisa dilakukan dengan mengalihkannya ke kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga berlari dan melakukan kegiatan kardio lainnya. Tidak hanya dapat mengalihkan fokus permasalahan, namun cara ini juga bisa melampiaskan emosi dengan berolahraga. Sehingga kita bisa menemukan ketenangan dan juga tubuh lebih bugar di bulan puasa ini.

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengendalikan emosi selama berpuasa di bulan Ramadhan yang sering tidak stabil. Semoga dapat membantu.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengendalikan Emosi di Bulan Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5