Loading...

Tips Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Warna Air Kencing

Air kencing adalah merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Saat kencing, mungkin anda tidak pernah memperhatikan seperti apa warna air kencing yang dikeluarkan saat itu, kemarin atau bahkan beberapa hari yang lalu. Namun, tahukah anda bahwa warna air kencing bisa menjadi indikator kesehatan tubuh?

Berikut adalah beberapa warna air kencing yang bisa menjadi indikator kesehatan tubuh kita sebagaimana yang dikutip dari laman Menshealth:

Air kencing berdarah

Ditemukannya darah dalam air kencing laki-laki bisa menjadi sinyal dari pembesaran kelenjar prostat atau batu ginjal, bahkan kanker. Bila anda melihat ini, maka sebaiknya anda memeriksakan ini ke dokter.

Air kencing berwarna keruh

Air kencing berwarna keruh bisa meramalkan adanya infeksi bakteri, khususnya bila disertai bau busuk dan sensasi terbakar. Kekeruhan bisa datang dari sisa sel darah putih yang telah bekerja melawan infeksi bakteri dalam saluran kencing anda.

Air kencing keruh kecoklatan

Air kencing yang berwarna kecoklatan bisa menjadi pertanda adanya bakteri. Campuran darah juga kadang berwarna kecokelatan atau karena kontaminasi bilirubin, limbah buangan liver yang menjadi sinyal penyakit liver.

Air kencing berbuih

Air kencing yang berbuih bisa menjadi pertanda bahwa banyak protein dalam air kencing. Terlalu banyak protein dalam air kencing berarti ginjal anda tidak berfungsi yang baik dalam menyaring protein. Ini bisa menjadi sinyal awal diabetes atau penyakit ginjal.

Dengan demikian, mulai sekarang tidak ada salahnya bila sesekali anda memperhatikan warna dari air kencing anda. Karena dengan demikian anda bisa mengetahui kondisi tubuh anda dengan cepat. Ketika terjadi adanya gangguan kesehatan pada tubuh anda, maka anda bisa dengan segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Warna Air Kencing | inicarak | 4.5