Loading...

Tips Cara Menghemat Listrik di Rumah

Tarif listrik semakin mahal. Begitu juga dengan jumlah peralatan listrik di rumah yang semakin banyak digunakan setiap harinya membuat jumlah tagihan listrik perbulan semakin mencekik leher.

Untuk mengurangi biaya bulanan untuk membayar listrik, maka perlu dilakukan pengehamatan listrik. Berikut ini adalah tips bagaimana caranya untuk mengurangi jumlah tagihan listrik bulanan di rumah.

Jaga dan rawat peralatan elektronik

Beberapa peralatan elektronik seperti AC perlu dilakukan perawatan secara teratur. Bila ada yang rusak, maka segeralah diperbaiki atau diganti. Ini karena biasanya peralatan listrik yang rusak akan memakan lebih banyak energi listrik.

Jangan mencuci sedikit-sedikit

Untuk anda yang menggunakan mesin untuk mencuci piring, trik yang bisa dilakukan adalah mencuci sekaligus banyak piring kotor.

Karena dengan cara itu pemakaian listrik bisa lebih dihemat dibandingkan harus mencuci sedikit-dikit sehingga mengharus kita menyalakan mesin berkali-kali.

Jangan sering menyalakan pompa air

Begitu juga bila anda menggunakan pompa air. Isilah tandon air ketika sudah kosong.

Jaga selalu kebersihan kulkas di rumah

Jangan anda iarkan kulkas kotor. Adanya sumbatan karena kotoran di kulkas akan membuat kerja kulkas semakin keras dan itu juga akan membuat pemakain listrik jadi semakin besar.

Perhatikan alat listrik

Cara ampuh untuk menghemat listrik di rumah yang mudah dilakukan adalah dengan mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan.

Ganti semua lampu pijar di rumah dengan lampu LED

Lampu LED lebih hemat listrik dibandingkan lampu pijar.

Itulah beberapa cara ampuh untuk menghemat listrik di rumah sehingga akan membuat jumlah tagihan listrik bulanan anda jauh berkurang lebih murah. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Tips Cara Menghemat Listrik di Rumah | inicarak | 4.5