Loading...

Tips Cara Mengobati Batuk untuk Anak-anak

Madu adalah makanan alami yang kaya akan kandungan nutrisi dan juga vitamin di dalamnya. Selain itu madu juga bisa menjadi salah satu obat alami yang sebaiknya selalu tersedia di rumah.

Salah satu manfaat madu di antaranya dapat berguna untuk meredakan batuk karena sifatnya yang antiradang dan melegakan tenggorokan. Penggunaan madu sebagai obat batuk untuk anak ini sangat baik dilakukan untuk anak di atas usia dua tahun.

Dalam studi yang dilakukan oleh Pennsylvania State University’s College of Medicine, orangtua dari 105 anak-anak berusi dua sampai 18 tahun mengakui madu sangat membantu dan bekerja lebih baik dari obat batuk sirup dalam mengatasi gejala batuk anak di malam hari.

Cara Menggunakan Madu Sebagai Obat Batuk untuk Anak

Untuk anda yang ingin coba mengobati anak yang sedang batuk menggunakan madu, maka ada sedikit tips yang diberikan oleh Babycenter terkait cara pengobatan batuk menggunakan madu.

1. Cairkan madu

Untuk anka-anak bisa diberikan madu cair. Madu yang mengental pada suhu ruangan dapat dipanaskan terlebih dahulu agar lebih mencair sebelum diberikan pada anak.

2. Beri madu dengan air hangat dan perasan lemon

Anda bisa memberikan pada anak setengah sampai satu sendok teh madu. Beberapa orang mencampur madu mereka dengan air hangat yang diberi tambahan air lemon yang memberikan vitamin C.

3. Pastikan madu tidak tertinggal di mulut anak

Madu memiliki sifat yang lengket dan manis. Karena itu anda sebagai orangtua harus memastikan agar madu tidak tertinggal di dalam mulut, apalagi di gigi anak. Mengusap gigi atau membantu anak menyikat gigi anak perlu dilakukan, terlebih bila anda memberikannya di malam hari sebelum tidur.

4. Anak harus cukup umur

Yang perlu diingat oleh orang tua, untuk pemberian madu sebagai obat batuk ini bisa diberikan bila setidaknya anak sudah berada di usia setahun. Jangan paksakan memberikan anak anda yang usianya dibawah setahun konsumsi madu, karena penyakit fatal seperti botulism bayi bisa saja terjadi.

loading...
Loading...
Tips Cara Mengobati Batuk untuk Anak-anak | inicarak | 4.5