Tips Cara Mengolah Agar Daging Bebek Tidak Alot | IniCaraku.com

Tips Cara Mengolah Agar Daging Bebek Tidak Alot

Daging bebek terkenal dengan ‘kealotannya’. Inilah alasan kenapa banyak orang kurang begitu suka dengan daging bebek. Orang akan lebih memelih daging ayam atau ikan daripada daging bebek. Sebenarnya ada cara untuk membuat daging bebek tidak alot.

Agar daging bebek tidak alot, jangan merebus daging bebek dalam air yang sudah mendidih. Merebus bebek dalam air yang sudah mendidih justru membuat daging menjadi keras. Sebab, daging bebek yang dalam kondisi dingin bertemu dengan air panas akan membuat serat daging langsung kaku dan mengeras, demikian menurut chef Rendy Kongs, Executive Chef Warung Yu’Tien saat soft opening Warung Yu’Tien.

Rebuslah daging bebek di dalam air yang masih dingin dengan api yang kecil. Proses ini disebut sebagai slow cooking. Proses slow cooking membuat daging dan air rebusan memanas bersamaan. Selama proses merebus, air akan membantu mengempukkan daging bebek dengan menaikkan suhunya secara perlahan-lahan. Dengan demikian, daging bebek tidak kaku dan teksturnya terjaga baik.

Untuk melunakkan otot bebek yang keras serta menghilangkan tekstur daging yang liat, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya. Dibutuhkan waktu merebus sekitar 2-3 jam untuk mendapatkan tekstur daging bebek yang lembut.