Loading...

Tips Cara Mengolah Cumi-cumi

Cumi-cumi adalah salah satu makanan laut yang paling banyak di gemari, dan Anda mungkin salah satu penggemarnya. Sayangnya, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk mengolah cumi menjadi makanan yang lezat. Tapi jangan khawatir, berikut ini kami coba berikan tip seputar cumi yang bisa memudahkan Anda untuk memasak cumi-cumi.

Cara Memilih Cumi-cumi

Saat Anda akan membeli cumi, pastikan cumi yang Anda pilih matanya masih terlihat jernih. Untuk cumi-cumi yang utuh, perhatikan bahwa kulit arinya yang berwarna kemerahan belum rusak.

loading...

Pilihlah cumi dengan daging yang masih padat dan juga kenyal. Adapun ciri-ciri cumi-cumi yang bagus juga memiliki bau khas ikan segar bukan berbau busuk.

Cara Membersihkan Cumi-cumi

Untuk cara membersihkan cumi, pisahkan cumi dari badan dan kepalanya dengan menariknya secara perlahan.

Selanjutnya bersihkan perut cumi dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalamnya. Kemudian keluarkan tulang dan juga kotoran yang ada di dalamnya. Apabila Anda ingin agar cumi berwarna putih, kupaslah kulit ari cumi dari badannya.

Buanglah kantong tinta yang berwarna perak yang ada di dalam kepala. Jangan lupa untuk membersihkan juga tinta yang ada dibalik kepolak mata dengan cara menusuknya dengan tusuk sate. Namun apabila Anda menginginkan untuk memasak cumi hitam, jangan buang kantong tintanya. Kemudian bilas sampai bersih.

Cara Memasak Cumi-cumi

Pada saat Anda memasak cumi, jangan memasak cumi lebih dari dua menit. Proses memasak cumi yang lebih dari dua menit dan kurang dari 30 menit akan membuat daging cumi menjadi liat. Jika Anda ingin cumi yang sedikit lunak, Anda bisa merendam cumi dengan susu yang dicampur dengan sedikit baking powder.

Semoga bermanfaat.

Loading...
Tips Cara Mengolah Cumi-cumi | inicarak | 4.5