Tips Cara Mengusir Rayap yang Mengganggu | IniCaraku.com

Tips Cara Mengusir Rayap yang Mengganggu

Rayap paling sering berda di tempat yang lembab. Oleh karenanya anda perlu sering-sering membersihkan tempat-tempat tersebut. Jangan sampai terlalu lama rayap berkembang biak jika tidak ingin ada perabot dari kayu yang rusak karena ulah rayap.

Membasmi rayap tidak dapat dilakukan dengan membunuh rayap-rayap yang ada di permukaan saja. Anda juga harus membasmi rayap dari koloninya.Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk ini, antara lain:

Penyemprotan
Bagian bangunan yang menunjukkan gejala serangan rayap disemprot dengan termisida. Cara ini akan membasmi rayap yang bersarang di kayu.

Akan tetapi penyemprotan ini hanya membasmi rayap yang berada di kayu saja. Yang bersarang di tanah tetap aman. Cara ini perlu dikombinasikan dengan injeksi termisida ke dalam tanah di sepanjang fondasi bangunan.

Pengumpan teknologi sentricon
Metode pengendalian ini lebih ramah lingkungan, karena langsung menyerang rayap dan koloninya. Pengumpan sentricon ini terdiri dari dua buah alat.Pertama sebuah pengumpan yang diletakkan di dinding atau kusen yang menjadi jalur rayap. Yang kedua, berupa detector rayap yang ditanam di tanah.

Pada kedua alat itu terdapat semacam tisu yang menjadi makanan rayap. Tisu ini mengandung heksaflumuron, yaitu enzim hormone yang menekan metabolisme pertumbuhan rayap, dan akhirnya membunuh rayap tersebut.

Cara lain untuk mengusir rayap adalah dengan menggunakan bahan alami. Menggunakan garam dapur (Nacl) yang halus dan kering, caranya cukup mudah, cukup dengan menaburkan garam ke dalam lubang sarang rayap. Selain garam, cara alami lainnya adalah dengan air kapur sirih. Caranya sama dengan garam, taburkan di sekitar tempat rayap, niscaya rayap akan segera pergi dari rumah.


IniCaraku.com Search form