Loading...

Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Musim hujan sudah mulai datang. Pada musim hujan seperti ini tubuh jadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Agar badan tetap sehat dan fit serta jauh dari penyakit, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan untuk Anda.

1. Jaga cairan tubuh
Untuk mencegah keluarnya panas dan karena tingkat kelembabab yang tinggi, keringat menguat dengan cepat saat musim hujan tiba. Oleh karenanya, saat beraktivitas sangat disarankan untuk membawa sebotol air setiap harinya. Hindarilah minuman berkarbonisasi. Sebagai alternatif penghangat tubuh, minumlah minuman yang menghangatkan seperti jahe.

2. Konsumsi makanan secara seimbang
Proses pencernaan akan sedikit melambat saat musim dingin tiba. Agar tidak menyebabkan gangguan pencernaa, makanlah hanya saat lapar dengan takaran seperlunya. Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan serta mencegah infeksi, perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah.

3. Jauhi sumber penyakit
Musim hujan membuat air menggenang dimana-mana, nyamuk jadi mudah berkembang biak, apalagi nyamuk demam berdarah. Hindarilah genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk menghindari penyakit kulit, jaga pakaian agar tetap kering dan bersih sepanjang waktu.

4. Cukup istirahat dan berolahraga
Gerimis saat pagi dan malam mungkin mengganggu latihan olahraga rutin Anda. Namun sebagai gantinya Anda bisa latihan ringan di rumah. Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot atau lainnya yang bisa dilakukan di dalam ruangan.

loading...
Loading...
Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan | inicarak | 4.5