Loading...

Tips Cara Merawat Batik Agar Tidak Cepat Pudar

Batik kini memang semakin digandrungi. Selain sebagai pakaian untuk acara formal, batik juga menjadi pakaian wajib para karyawan di perusahaan. Batik juga telah menjadi simbol nasionalisme untuk mempertahankan budaya lokal.

Merawat batik pun tidak bisa sembarangan. Salah-salah batik bisa menjadi pudar dan seperti tidak terawat. Agar batik kesayangan anda terawat dan terlihat selalu baru, cobalah tips cara merawat batik berikut ini.

1. Hindari mencuci dengan deterjen. Sifat deterjen yang terlalu keras dapat mengikis warna pada kain batik. Gunakanlah cairan khusus seperti lerak atau shampo sehingga tak ada bagian yang mengental dan merusak warna kain.

2. Mencuci kain batik sebaiknya cukup dengan dikucek lembut, terutama di bagian yang kotor. Menyikat dengan kasar sangat tidak disarankan karena dapat merusak kain. Selain itu batik juga tidak perlu diperas, cukup ditarik bagian ujung-ujungnya saja agar kain batik lurus kembali.

3. Hindari menjemur kain batik di tempat yang terkena langsung sinar matahari karena hal ini dapat memudarkan warna batik. Jemur di tempat teduh atau diangin-anginkan saja.

4. Jangan menyeterika kain batik secara langsung. Setrika bagian dalamnya saja. Atau jika ingin bagian luar terlihat lebih rapi, lapisi dengan kain saat disetrika.

5. Menyemprot langsung kain atau baju batik dengan parfum atau pengharum badan lainnya akan merusak warna pada corak batik. Karena itu, hindarilah penggunaan parfum agar warna batik tidak cepat pudar.

6. Saat menyimpan batik di lemari, hindari penggunaan kapur barus atau sejenisnya karena dapat merusak kain. Untuk mengusir ngengat yang dapat merusak pakaian, gunakan saja lada yang dibungkus dengan tisu lalu letakkan di sudut lemari pakaian.

Itulah tips cara merawat baju batik agar tidak cepat pudar warnanya yang dapat kami sampaikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads
Loading...
Tips Cara Merawat Batik Agar Tidak Cepat Pudar | inicarak | 4.5