Loading...

Tips Cara Merawat Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab sakit gigi. Karena itu, menjaga kebersihan gigi wajib untuk menjaga agar gigi tidak berlubang. Salah satu cara mencegah gigi berlubang adalah dengan rajin menggosok gigi. Namun bagaimana bila gigi sudah terlanjur berlubang?

Cara Perawatan Gigi yang Berlubang

Disertai rasa sakit ataupun tidak, saat anda mengetahui gigi anda atau anak anda berlubang, sebaiknya segera bawa ke dokter gigi untuk mendapat perawatan yang tepat seperti penambalan. Demikian sebagaimana yang dikungkapkan oleh dokter gigi Firdiyanti Oktaviani, SpKG dari Klinik gigi Q-Smile Tanjungpinang.

Agar tidak menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan, maka gigi yang berlubang harus ditambal dengan segera. Karena bila ada sisa-sisa makanan pada gigi yang berlubang, maka itu bisa semakin memperparah lubang.

Apabila lubang gigi sudah besar dan hanya tertinggal sedikit giginya, sementara gigi penggantinya masih lama tumbuhnya maka sebisa mungkin agar gigi tersebut harus dipertahankan.

Namun apabila gigi yang berlubang tersebut memang harus dicabut, maka biasanya di gusi bekas gigi yang dicabut akan diberi alat yang disebut space mantainer untuk menjaga agar gigi-gigi di sampingnya tidak bergeser menempatkan ruang gigi yang baru dicabut tadi.

Akibat dari Gigi Berlubang

Selain menyebabkan sakit gigi, gigi yang berlubang bila tidak dirawat dengan benar juga bisa jadi penyebab bau mulut. Juga bisa menyebabkan infeksi lebih lanjut seperti pembengkakan pada gusi. Bahkan bisa mengakibatkan tanggalnya gigi sebelum waktunya.

Karena itulah maka sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, salah satunya adalah dengan rajin menyikat gigi dan mengurangi makanan yang mudah menempel di gigi seperti cokelat atau permen.

loading...
Loading...
Tips Cara Merawat Gigi Berlubang | inicarak | 4.5