Loading...

Tips Cara Merawat Jas Hujan Biar Tidak Mudah Rusak

Jas hujan menjadi salah satu properti penting ketika ingin tetap berkendara kala musim penghujan tiba. Tanpa jas hujan tubuh akan menjadi basah kuyup saat hujan turun menerpa jalanan. Karenanya, rawatlah jas hujan dengan baik agar ia tetap dapat digunakan dan berfungsi secara maksimal sehingga tubuh akan terhindar dari kedinginan atau masuk angin.

Tak semudah yang dibayangkan tentang bagaimana cara merawat jas hujan. Bahkan seringkali seseorang justru membuat kesalahan-kesalahan kecil yang berujung pada jas hujan menjadi lebih cepat rusak. Lantas, bagaimana cara merawat jas hujan yang bernar agar jas hujan tidak cepat rusak?

Tips Cara Merawat Jas Hujan Biar Tidak Mudah Rusak

Agar jas hujan bisa awet dan tidak mudah rusak, maka dibutuhkan perawatan secara tetap. Karena bila salah dalam merawat jas hujan ini maka jas hujan akan menjadi cepat rusak seperti sobek atau bahkan menjadi sangat kaku atau keras.

loading...

Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan perawatan jas hujan, diantaranya:

1. Menjemur Jas Hujan

Dengan tujuan agar cepat kering dan juga tidak menimbulkan bau, maka setelah dipakai hujan-hujanan saat berkendara banyak orang yang memilih untuk menjemur jas hujannya sebelum kemudian melipatnya untuk disimpan kembali di dalam jok. Padahal, langkah ini sangat tidak dianjurkan karena akan membuat kotoran seperti pasir atau tanah lama kelamaan akan menumpuk pada jas hujan. Sebagai akibat yang muncul adalah menjadikan tingkat elastisitas berkurang sehingga menjadikan jas hujan lebih gampang robek.

2. Melipat Jas Hujan

Pun demikian halnya dengan langsung melipat jas hujan dalam kondisi masih basah sebaiknya dihindari. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jas hujan akan menjadi bau bila menyimpan jas hujan masih dalam kondisi basah.

3. Mengucek Saat Mencuci Jas Hujan

Untuk menjaga kebersihan, maka sangat disarankan untuk mencuci jas hujan. Namun ada hal yang penting ketika melakukannya, yaitu jangan mengucek ketika mencucinya. Ini dikarenakan bisa merusak lapisan karet yang ada pada jas hujan tersebut. Sebaiknya gunakan busa sebagaimana pada saat mencuci motor untuk membersihkan jas hujan.

4. Menjemur Langsung di bawah Terik Matahari

Menjemur jas hujan sebaiknya jangan langsung dibawah terik sinar matahari. Tetapi lebih baik hanya diangin-anginkan saja setelah selesai dipakai atau habis dicuci.

Ada banyak jenis bahan dan harga jas hujan yang ditawarkan di pasaran. Berapapun harga jas hujan yang anda beli bila tidak mampu merawat jas hujan dengan benar maka akan membuatnya menjadi lebih cepat mengalami kerusakan seperti mudah sobek atau berkurangnya elastisitas dari jas hujan tersebut.

Loading...
Tips Cara Merawat Jas Hujan Biar Tidak Mudah Rusak | admin | 4.5